Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Tol Bocimi Solusi Macet Bogor Cianjur Sukabumi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20451.jpg

    SUKABUMI-sarana dan prasarana transportasi menjadi hal yang sangat penting untuk mendukung perkembangan perekonomian daerah. Oleh karena itu, pembangunan jalan tol yang menghubungkan Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung menjadi sesuatu yang penting untuk segera diwujudkan.

    Untuk mendukung hal ini, diselenggakanlah Deklarasi bersama untuk mendorong percepatan pembangunan jalan tol koridor Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung di Hotel Horison Kota Sukabumi, Kamis (15/12).

    Selain itu, pembangunan jalan tol ini juga harus segera dilakukan sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan yang selalu terjadi di jalur yang biasa terlewati yang menghubungkan empat wilayah ini.

    Kemacetan sering terjadi di jalur Cianjur-Bogor karena banyaknya wisatawan di daerah puncak. Jalur Cianjur-Sukabumi dan Bogor-Sukabumi juga sering terjadi kemacetan dengan banyak dibangunnya pabrik di wilayah tersebut. Jalur Bandung-Cianjur juga sering terjadi kemacetan akibat jalan yang berkelok di wilayah padalarang & cipatat.

    Walikota Sukabumi, Mohamad Muraz, dalam sambutannya mengatakan bahwa otonomi daerah memiliki beberapa kelemahan, diantaranya munculnya ego kedaerahan dan juga menjadi sulitnya koordinasi yang dilakukan antar daerah. Sementara permasalahan pembangunan semakin kompleks, sehingga perlu dilakukan kerjasama yang baik antara daerah untuk mendukung integrasi pembangunan.

    Pemerintah provinsi jawa barat telah berupaya untuk mengatasi kemacetan. Salah satu solusi yang telah dilaksanakan adalah dengan dibangunnya jalur lingkar di Cianjur dan juga jalur lingkar di Sukabumi yang masih dalam tahap pembangunan saat ini. 

    Jalan tol BOCIMI (Bogor-Ciawi-Sukabumi) dapat menjadi solusi yang sangat tepat, mengingat pembangunan jalan tol CIPALI juga dapat menjadi solusi untuk mengurai kemacetan di wilayah pantura. 

    "Potensi di jalur tengah Jawa Barat ini sangat besar. Jangan sampai karena kemacetan yang selalu terjadi, pertumbuhan ekonomi menjadi terhambat dan tingkat investasi menurun," kata Muraz.

    Dalam sambutannya, Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, mengatakan bahwa Di tahun 2013 jalan provinsi memiliki panjang 2191 km, dengan tingkat kelayakan di atas 97%. Dengan adanya penambahan jalan provinsi maka saat ini bertambah menjadi 2360 km dengan tingkat kelayakan 98% di tahun 2016, dan akan mencapai 98,25% di tahun 2017.

    "Jalan tol Bocimi ini menjadi salah satu rencana pembangunan strategis, dan juga dapat mendukung terhadap perwujudan Ciletuh National Geopark," ujar Demiz.

    Saat ini pembangunan tol bocimi akan memasuki tahap kedua, yaitu jalur Ciranjang-Padalarang, yang rencananya akan dimulai pada tahun 2018-2023 dengan panjang sekitar 33km. Salah satu masalah yang selalu menghambat dalam pembangunan di wilayah Jawa Barat ini adalah masalah perubahan tata ruang. 

    "Diharapkan rencana pembangunan jalan tol koridor Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung ini dapat segera dilaksanakan sesuai dengan rencana, serta segala permasalahan yang menyertai pembangunannya dapat diselesaikan dengan baik," tegasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus