Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Wagub Launching Gerakan Literasi Leaders Reading Challenge

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20499.jpg

    BANDUNG-Wakil Gubernur Deddy Mizwar melaunching "Gerakan Leaders Reading Challenge" dihadapan ratusan pelajar tingkat SD/SMP dan SMK yang hadir dari Kabupaten/Kota Jawa Barat, Senin (19/12), bertempat di Gedung Pusdai Bandung.

    Wakil Gubernur Deddy Mizwar dalam sambutannya mengemukakan, bahwa permasalahan pendidikan tidak melulu pada sarana dan prasarana pendidikan, seperti : gedung sekolah, buku perpustakaan dan biaya pendidikan, tetapi ada permasalahan mendasar yang terjadi adalah "rendahnya basic literasi, yaitu rendahnya minat baca dikalangan siswa bahkan hingga tingkat mahasiswa.

    Menurut Wagub Deddy Mizwar, bahwa berdasarkan hasil penelitian badan dunia ISA tentang literasi, bahwa Negara kita berada pada kisaran ke-64 dari 72 negara yang diteliti. Begitupun menurut hasil penelitian UNESCO Tahun 2015, dari 1000 orang pendudukan Indonesia, hanya 1 orang yang memiliki minat baca yang baik, lanjut Wagub.

    Kemudian Wagubpun mengemukakan, bahwa dari 85,1 Juta orang penduduk Indonesia yang mendapatkan akses ke internet, sebanyak 40 %  mengkases materi "game", sedangkan yang mengakses materi teknologi, pengetahuan, pendidikan dan lainnya hanya sekitar 2 % saja.

    Atas dasar itulah, Wagub mengajak semua pihak untuk melakukan gerakan pembudayaan literasi, khususnya di sekolah-sekolah dan untuk itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah berupaya dengan membentuk komunitas literasi di sekolah, tiap komunitas antara 20 hingga 40 orang pada siswa kelas 4 hingga kelas 12. Kegiatan ini diluar jam sekolah. Setiap komunitas dibimbing oleh 2 sd 8 guru pembimbing.

    Gerakan literasi sekolah adalah gerakan pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Pada tahap pembiasaan, setiap siswa dibiasakan membaca selama 15 menit, kemudian pada tahap pengembangan, setiap murid harus melakukan review dan diskusi, jelas Wagub.

    Gerakan literasi di sekolah juga merupakan wujud keinsyafan kita dalam rangka bela negara, ungkap Wagub.

    Pada acara launching Gerakan Literasi Leaders Reading Challenge ini hadir Bunda Literasi Jawa Barat, Netty Prasetiyani, perwakilan dari Kemendikbud, seluruh pejabat Dinas Disdik Prov. Jabar dan para siswa yang datang dari perwakilan daerah.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus