Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur Serahkan Bibit Tanaman Kopi Arabika

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20636.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui program-programnya yang dilakukan oleh Dinas Perkebunan, konsisten menjadikan Jawa Barat sebagai penghasil kopi terbanyak dan terbaik dalam skala nasional dan internasional.

    Untuk itu, sejak tahun 2011 hingga tahun 21016 ini telah membagikan bibit tanaman kopi bersertifikat ke daerah-daerah sentra tanaman kopi Jawa Barat seperti : Kab.Bandung, Kab.Bandung Barat, Kab.Garut, Kab.Tasikmalaya, dan Kab.Sumedang. Untuk tahun ini (2016) Pemprov.Jabar serahkan bibit tanaman kopi bersertifikat sebanyak 2 juta pohon yang secara simbolis dilaksanakan pada Selasa (27/12) di Halaman Gedung Pakuan Bandung oleh Gubernur Ahmad heryawan kepada perwakilan Kabupaten daerah pengembangan kopi Jawa Barat. Beberapa kepala daerah yang hadir menerima bibit tanaman kopi, diantaranya, Bupati Bandung, Dadang Naser, Bupati Bandung Barat, Aboebakar dan Bupati Sumedang, Eka Setiawan.

    Gubernur Jawa Barat dalam sambutannya menegaskan kembali tekadnya untuk menjadikan Kopi Jawa Barat unggul dalam jumlah dan kualitasnya. "Apalagi kalau menilik hasil penilaian pada festival kopi di Atlanta Amerika beberapa waktu lalu, dimana kopi Jawa Barat berhasil menjadi yang terbaik, maka kopi Jawa Barat akan semakin dirilik para penjual kopi internasional yang pada gilirannya akan menjadi pendorong (triger) peningkatan kesejahteraan petani kopi", jelas Gubernur.

    Menurut Gubernur, di tahun 2017 akan diprogramkan 5 juta bibit tanaman kopi dan akan disebarkan ke daerah-daerah. Salah satu penyebarannya akan disenerjikan dengan Program Pemerintah Pusat yaitu rencana konservasi kawasan hulu Sungai Citarum.

    Usai acara penyerahan bibit tanaman, Gubernur dan undangan lainnya mencicipi kopi yang dihasilkan dari petani Gunung Puntang, Manglayang, dan Garut. Beberapa produk yang ditampilkan, seperti Coffee Java Preanger, Kopi Luwak Manglayang, Kopi Kadatuan, Wanoja Coffee, Arjuna Coffee dan Garut Black Coffee.

     

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus