Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RZ Bentuk Koperasi Warga di Subang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_20836.jpg

    BANDUNG-Untuk membangun budaya menabung bagi setiap kelompok ternak, Nana Hidayat, Relawan Inspirasi RZ (Rumah Zakat) Subang membentuk koperasi di Kampung Cilimus, Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Program koperasi diperuntukan bagi seluruh anggota kelompok ternak di desa tersebut.

    “Jika warga sudah memiliki tabungan, ketika ada warga yang punya keperluan mendadak dan urgen kan bisa lebih mudah. Sebelumnya jika ada keadaan yang membutuhkan dana mendadak, saya sendiri bingung harus bagaimana. Tapi setelah ada program koperasi dan tabungan, masyarakat di sini tidak bingung lagi jika ada yang membutuhkan dana secara mendadak,” papar Nana.

    Anggota koperasi yang meminjam uang, nantinya dapat membayar dengan cara mencicil atau dengan anak domba yang nilainya hampir sama dengan jumlah yang dipinjam. Dalam waktu tiga tahun, Kelompok Koperasi Laksana Jaya terus menambah anggota. Saat ini sudah ada 30 orang warga Kampung Cilimus yang tergabung dalam koperasi tersebut.

    Setiap anggota, telah memiliki tabungan dengan jumlah beragam. Tabungan tersebut, dikumpulkan satu bulan sekali melalui Nana. Setiap anggota diberikan celengan dari kayu. Dengan begitu, setiap anggota bisa menabung kapan saja di rumahnya.

    “Melalui koperasi ini, saya juga ingin memulai Program Munggah Ceria. Yaitu, tabungan yang hanya bisa diambil ketika bulan Ramadhan tiba. Program Munggah Ceria baru akan dijalankan pada tahun ini. Jadi, uang tabungan warga nantinya bisa digunakan untuk persiapan menyambut bulan Ramadhan,” tambah Nana. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus