Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sumedang kini memiliki TPS 3 R

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21097.jpg

    SUMEDANG-Kedatangan Bupati yang didampingi Ibu Hj. Hanne Eka Setiawan beserta jajaran untuk meresmikan TPS 3 R (Reduce, Rauce, Recycle) yang dikelola oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) Mitra Sehati di lingkungan Perum Puskopad RT/RW. 02/04 Desa Gunungmanik Kecamatan Tanjungsari, disambut meriah oleh warga dari kalangan pelajar dan masyarakat sekitar, Selasa, (31/1).

    Kabupaten Sumedang sendiri telah mendapat bantuan dana APBN Tahun Anggaran 2016 untuk membangun empat TPS 3 R yang dikelola oleh empat KSM dengan masing-masing KSM mendapatkan bantuan sebesar Rp. 550 Juta yang diperuntukan bagi pengadaan alat dan bangunan TPS namun tidak termasuk lahan, keempat lokasi TPS 3 R tersebut saat ini terletak di empat Kecamatan, yaitu di Kecamatan Tomo, Cimalaka, Tanjungsari dan Cimanggung.

    Perwakilan Satker PPLP Dinas Ciptarum Pemprov. Jabar, Ridwan yang juga hadir pada acara tersebut mengatakan, kegiatan pembangunan TPS 3 R di wilayah kabupaten sumedang merupakan program pengembangan penyehatan lingkungan Permukiman (PPLP) Ditjen Cipta Karya Kementerian PU PR. 

    Menurutnya “permasalahan sampah selama ini adalah dari sumbernya, dengan adanya TPS 3 R ini diharapkan kedepan sampah yang dibuang ke TPA hanya tinggal residunya saja,”ungkapnya. 

    Ridwan pun berpesan kepada warga masyarakat mulai saat ini untuk membiasakan memilah sampah organik dan anorganik sehingga memudahkan dalam hal pengolahan sampah nantinya. 

    Sementara itu, Bupati Eka menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ditjen Cipta Karya Kementerian PU PR melalui Satker PPLP, yang pada tahun 2016 telah dibangun empat TPS R 3 di empat kecamatan kabupaten sumedang yang pada hari ini keempat TPS tersebut akan ia resmikan secara simbolis. 

    “saya atas nama pemda dan masyarakat kabupaten Sumedang mengucapkan terima kasih kepada Ditjen Cipta Karya, dan saya pun berharap ke depan bisa dibangun TPS serupa di wilayah Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus