Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jabar Caang Terkendala Akses Lokasi Penduduk Terpencil

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21247.jpg

    GARUT–Tahun 2017 ini, PLN Distribusi Jawa Barat berencana menambah akses listrik untuk 1.815 desa/kampung. Rencana ini diperkuat dengan akan dibangunnya 319 buah gardu, 282,78 kms jaringan tegangan menengah, serta 600 kms jaringan tegangan rendah.

    Jumlah pembangunan infrastruktur kelistrikan serta wilayah yang akan dialiri listrik pada tahun 2017 ini direncanakan meningkat bila dibandingkan dengan realisasi tahun 2016. Hal ini dikarenakan semakin dekatnya target pencapaian Jabar Caang yang kurang dari dua tahun lagi.

    Namun untuk mencapainya masih ada kendala. Salah satu kendala terbesar yang ditemui di lapangan dalam mewujudkan Jabar Caang ini antara lain akses yang sulit dijangkau mengakibatkan distribusi sejumlah material instalasi kelistrikan seperti tiang beton, gulungan kabel, dan trafo listrik menjadi terhambat dan memakan waktu yang lebih lama.

    “Selain itu penanaman tiang beton juga terkendala oleh cuaca hujan yang seringkali melanda wilayah-wilayah pedesaan yang akan dialiri listrik. Bahkan terkadang akses jalan (infrastruktur) baru bisa dilalui tiga minggu setelah hujan reda,” ujar GM PLN Jabar Iwan Purwana, Rabu (8/2).

    Bagi masyarakat di wilayah yang masih belum mendapatkan akses listrik dapat mengajukan permohonan dengan menghubungi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral setempat ataupun otoritas pemerintah yang membidangi energi listrik di daerah tersebut. Kemudian permohonannya disampaikan kepada PLN, dan akan dilakukan pengkajian untuk pembangunan infrastruktur kelistrikan di wilayahnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus