Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Ubah Kebiasaan Perilaku Tidak Sehat

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21292.jpg

    GARUT-Bupati Rudy Gunawan terus menggulirkan program guna mengentaskan prilaku tidak sehat masyarakat. Salah satunya adalah dengan program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

    Guna memaksimalkan program tersebut Bupati melakukan Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan / Open Defecation Free (ODF) di Lapang Kaak Desa Sukanegla Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jumat (10/02/2017).

    Bupati mengapresiasi terhadap jerih payah aparatur Puskesmas Pasundan, kelurahan dan kecamatan yang berhasil menggerakan masyarakat, sehingga bisa meninggalkan kebiasaan buruk BAB (Buang Air Besar) sembarangan, meski terlihat sepele,  namun masalah BAB tersebut merupakan hal penting karena menyangkut masalah kesehatan masyarakat.

    “Saya mempunyai perhatian khusus pada ODF atau menjaga melaksanakan kehidupan yang sehat. Jadi ini bukan hanya kewajiban pemerintah tetapi kewajiban seluruh masyarakat. Karenanya kita akan mendorong program STBM Sanitasi Total berbasis Masyarakat. Pemerintah hanya memberikan pemicu sarana dan prasarana semuanya ditentukan oleh masyarakat sendiri,” ujar Bupati.

    Senada dengan Bupati, Camat Garut Kota Bambang Hafidz mengutarakan jika masalah sanitasi ini bukan hanya menyangkut sarana dan prasarana tetapi masalah kebiasaan. Karenanya ia mengapresiasi semangat masyarakat yang juga ingin berubah sehingga bisa mengupayakan ODF secara swadaya.

    Deklarasi ODF ini juga mendapat respon postif dari masyarkat, salah satunya Ishak. Menurutnya dengan adanya program ini masyarakat yang semula BAB di selokan atau di kebun sekarang sudah mulai berubah. “Sekarang hampir semua rumah warga di RT saya sudah memiliki sefty tank. Kalau dulu untuk BAB masih di selokan. Alhamdulillah sekarang setelah ada program dari Bupati dan setelah diarahkan oleh Puskesmas semua sudah memiliki Septic tank,” Ujar Ishak ketika di sela-sela acara.

    Tahun 2017 Kabupaten Garut menargetkan 300 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Garut dinyatakan desa ODF

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus