Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Perbaiki Tekstur/Suhu Lahan Pertanian Gunakan Pupuk Organik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Dr.Ir_.H_.Endang-Suhendar_.jpg

    BANDUNG-Lahan-lahan pertanian di Jawa Barat saat ini sudah mulai gersang. Kalau kekeringan tanahnya pecah-pecah. Kalau kena hujan cepat banjir atau tidak bisa menyimpan air. Tapi, jangan khawatir. Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat sudah punya jurus untuk mengatasinya.

    "Kondisi lahan pertanian itu bisa ditanggunglangi dengan perbaikan tekstur dan suhu tanah yaitu dengan menggalakkan penggunaan pupuk organik," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat, Dr.Ir.H. Endang Suhendar, MS dalam Konferensi Pers di Menara Gedung Sate, Jalan Diponegoro 22 Bandung, Selasa (19/4).

    Hanya saja, menurut Endang, perbaikan tekstur dan suhu tanah dengan pupuk organik sekarang ini belum pamilar di kalangan petani kita. Pasalnya, membutuhkan cukup besar, yaitu antara 6 sampai 8 ton per hektarnya.

    Oleh karena itu, katanya, melalui kebijakan Gubernur Jabar dan Menteri Pertanian, pihaknya membagi-bagikan alat pembuat pupuk organik kepada para kelompok tani.

    "Kami juga melakukan koordinasi dengan Dinas Peternakan dalam pengadaan pupuk kandang kotoran sapinya. Kemudian, kami juga telah mengimbau kepada para petani agar jerami-jerami sehabis panen dilarang untuk dibakar. Diharapkan suatu saat kesuburan tanah akan kembali," katanya. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus