Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Roadshow Baznas Sumedang Putaran ke-4

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21389.jpg

    SUMEDANG-Baznas Kabupaten Sumedang kembali melanjutkan roadshow sosialisasi peraturan daerah Kabupaten Sumedang nomor 2 tahun 2016 tentang pengelolaan zakat infaq dan sadaqah ke kecamatan-kecamatan di wilayah kabupaten Sumedang. Roadshow putaran ke empat ini dilaksanakan di dua kecamatan, yakni di kecamatan Tanjungkerta dan kecamatan Tanjungmedar, Kamis, (16/2). 

    Dalam pelaksanaan roadshow yang digelar di Gedung Dakwah Sudimampir Desa Cipanas kecamatan Tanjungkerta dan Aula kantor kecamatan Tanjungmedar tersebut, dihadiri langsung oleh Bupati Sumedang H. Eka Setiawan, Asisten Pembanguan Dede Hermasyah, Asisten Administrasi Dadang Sukma, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Agus Muslim, Kabag Humas dan Protokol H. Asep Tatang Sujana, camat dan para kepala desa dari kedua kecamatan masing-masing, ketua Baznas Kabupaten Sumedang, Ketua UPZ Serta tokoh masyarakat yang terdapat pada kecamatan tersebut.

    Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ali Badjri, dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan program baznas pada tahun 2017 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang mana pelaksanaan pada tahun ini Baznas beserta jajaran turun ke tiap kecamatan secara langsung untuk memberikan bantuan dana dari para Muzakki (pemberi zakat) yang dititipkan kepada Baznas, sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat. 

    “Atas nama Baznas, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Sumedang. Sebab beliau telah mendukung penuh program-program Baznas dan terus mendampingi Baznas untuk turun secara langsung bersilaturahmi dengan masyarakat sekaligus menyalurkan bantuan-bantuan sosial,” katanya.

    Bupati Sumedang Eka Setiawan, mengungkapkan bahwa kegiatan roadshow Baznas ini memang sengaja melibatkan jajaran pemerintah daerah, dengan tujuan untuk mendukung penuh program Baznas dalam hal penyaluran dana yang terkumpul dari para muzakki kepada masyarakat yang membutuhkan. Salah satunya, pemberian bantuan untuk pembangunan rumah tidak layak huni, pemberian sembako, pembangunan sarana dan prasarana keagamaan, bantuan anak yatim dan biaya pendidikan bagi siswa yang kurang mampu.

    Untuk itu, masyarakat juga hendaknya dapat memberikan kepercayaan penuh kepada Baznas untuk mengelola titipan zakat infaq dan sodaqoh, sebab bagaimanapun juga semua dana yang telah dititipkan ke Baznas tersebut nantinya akan disalurkan kembali kepada mustahik, jelas Eka.
      
    Berdasarkan keterangan pihak Baznas, dalam kegiatan roadshow tersebut Baznas kabupaten Sumedang menyerahkan bantuan sosial kepada kecamatan Tanjungkerta berupa bantuan uang untuk satu unit Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) sebesar Rp 10 juta, anak yatim sebanyak 24 orang, kaum dhuafa sebanyak 60 Kepala Keluarga (masing-masing berupa 1 paket sembako), bantuan kegiatan dakwah, dan bantuan kegiatan sarana keagamaan. Sedangkan bantuan sosial yang diserahkanoleh Baznas kepada Kecamatan Tanjungmedar berupa bantuan untuk dua unit rutilahu sebesar Rp 10 juta per rumah, bantuan sosial untuk anak yatim piatu sebanyak 18 orang, bantuan sosial untuk kaum dhuafa sebanyak 45 Kepala Keluarga, 2 bantuan sarana MCK,  1 sarana keagamaan, bantuan musibah kebakaran, bantuan musibah bencana alam serta bantuan untuk kegiatan dakwah.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus