Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Devisa Ekspor Tanaman dan Hewan Liar Capai Rp 5 Triliun Pertahun

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita

    BOGOR-Sumber daya alam Indonesia sangat besar, harus dimanfaatkan keekonomiannya bagi masyarakat luas. Demikian juga dengan potensi tanaman dan hewan liarnya.

    Negara sendiri menargetkan devisa dari ekspor tanaman dan hewan liar mencapai Rp 25 triliun sepanjang rahun 2014-2019.

    “Negara menargetkan penerimaan devisa sebesar 25 triliun rupiah atas ekspor tumbuhan dan satwa liar sepanjang tahun 2014 hingga 2019. Jadi setiap 5 tahun devisa terserap 5 triliun, dan itu sudah dapat tercapai,” ujar Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bambang Dahono, di sela pertemuan internasional pelaku konservasi Jalak Bali di Bogor, Jumat (24/02/17).

    Ia mengatakan tumbuhan dan satwa liar yang diekspor adalah yang bukan termasuk satwa terancam punah dan merupakan tanaman dan hewan penangkaran bukan yang didapat langsung dari alam.

    Pemanfaatan ini tentunya akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, namun dengan syarat-syarat yang sangat ketat dan mendapatkan sertifikasi dari Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

    Selama ini produk yang dieskpor itu antara lain hasil dari tanaman Gaharu, kulit buaya, coral, tokek, ikan Arwana, dan lain-lain. Sementara negara tujuan yang paling banyak berminat antara lain China dan Timur Tengah. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus