Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bapenda Jabar Siap Dampingi Banten Terapkan e-Samsat

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21578.jpg

    BANDUNG-Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jabar siap mendampingi Provinsi Banten menerapkan program e-Samsat seperti yang direkomendasikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    Kepala Bapenda Jabar, Dadang Suharto mengatakan KPK pada pertengahan Februari ini mengeluarkan rekomendasi pada Pemerintah Provinsi Banten agar segera menerapkan program yang menjadi unggulan Pemprov Jabar tersebut. “Kami siap membantu KPK mendampingi Banten menerapkan ini,” katanya saat dihubungi, Minggu (26/2).

    Menurutnya sebelum rekomendasi tersebut lahir, Banten sebetulnya sudah menandatangani kerja sama penerapan inovasi layanan publik dengan 17 provinsi lainnya. Kerja sama tersebut juga bagian dari pendampingan yang dilakukan KPK. “Memang sejak kerja sama belum ditindaklanjuti, tapi saya kira itu masalah teknis saja kelihatannya Banten sudah siap menerapkan e-Samsat,” paparnya.

    Dadang sendiri memastikan penerapan e-Samsat oleh provinsi lain sebetulnya sangat mudah. Bapenda Jabar sendiri sudah menyerahkan sistem dan aplikasi tersebut untuk direplikasi. Namun diakui dirinya penerapan secara riil membutuhkan dukungan perbankan. “Ilmunya sudah kami kasih, tinggal diterapkan paling tinggal butuh kerja sama dengan pihak banknya saja,” ujarnya.

    Prinsip e-Samsat yang menggunakan perbankan sebagai media pengganti pembayaran langsung menurutnya membutuhkan sinergi antara Bapenda, Kepolisian, Jasa Raharja dan perbankan. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus