Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hoax Berawal Dari Lelucon

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21589.jpg

    BANDUNG-Hoax yang memiliki definisi "Sebuah pemberitaan palsu yang bertujuan untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pembuat berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu". Pembuatan hoax ini awalnya dari sebuah lelucon.

    Budi Raharjo, dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga pemerhati sosial mengatakan, berita hoax yang dibuat karena keisengan seseorang, saat ini banyak disukai oleh masyarakat.

    “Meski belum tentu kebenarannya, berita hoax lama-lama disukai karena iseng itu,” kata Budi, dalam seminar dengan tema  “Membangun Mindset Anti Hoax Dikalangan Mahasiswa”, yang berlangsung di Auditorium Gedung Baru Unikom, Bandung, Senin (27/02).

    Menurut Budi, dengan makin banyak masyarakat yang membaca berita-berita hoax semakin banyak pula orang memanfaatkan kondisi tersebut untuk meraih keuntungan.

    “Lama-lama berita iseng ini ada duitnya, jadi kalau berita iseng semakin banyak yang lihat maka semakin banyak pula dapat iklannya,” ucapnya.

    Budi menyatakan, kondisi seperti ini tidak bisa dihentikan, karena “mesin” isengnya tidak mudah untuk dihentikan kecuali jika pemasang iklan tersebut dihentikan.

    “Kalau “mesin” isengnya diberhentikan, itu tidak bisa karena selalu ada. Tapi kalau duitnya dihentikan itu bisa maka hoax bisa distop, begitu juga jika kita menutup domain itu tidak bisa selesai karena mereka bisa pindah dengan nama lain,” ujarnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus