Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Kandungan Lokal MRT Diprioritaskan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21652.jpg

    BANDUNG-Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Agung Wicaksono mengatakan pemerintah perlu menetapkan jumlah pasti komponen lokal yang akan digunakan dalam pembangunan yang dikerjasamakan dengan Jepang tersebut.

    Dalam pembangunan fase pertama ini, meski unsur lokal telah digunakan, jumlahnya tidak menentu karena belum adanya aturan resmi dari pemerintah.

    “Komponen lokal diharapkan lebih banyak digunakan dalam pembangunan mass rapid transit (MRT) di Jakarta,” ujarnya, di Bandung, Rabu (01/02).

    Dia mengatakan, komponen lokal banyak digunakan untuk pembangunan fisik MRT seperti terowongan. Sejumlah perusahaan lokal pun terlibat dalam pengerjaannya seperti PT Wijaya Karya.

    Namun, untuk hal teknologi dan sarana MRT, keberadaan komponen lokal ini belum banyak digunakan.

    "Di konstruksi banyak komponen lokalnya. Tapi di persinyalan, sarana keretanya, belum. Banyak Jepangnya, Indonesia minim," kata Agung.

    Agung menjelaskan, penggunaan komponen lokal ini sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri Indonesia, terutama jika ingin menjadikan MRT sebagai program pembangunan strategis. Oleh karena itu, pemerintah perlu mengarahkan penggunaan komponen lokal dengan menerbitkan aturan pastinya.

    "Kalau (MRT) jadi agenda nasional, yang bangun dalam negeri, perlu banyak keterlibatan komponen lokal. Pemerintah bisa mengarahkan, misalnya prioritas komponen lokal berapa persen," katanya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus