Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Bandung Bakal Miliki Industri Musik Digital

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21726.jpg

    BANDUNG-Kota Bandung akan memiliki wadah tempat berkumpulnya para industri kreatif, salah satunya industri musik digital. Adalah Click Square yang akan memfasilitasi para kreator musik digital asal Bandung.

    Executive Director Seventh Sky, Guruh R. Noor menjelaskan pihaknya akan mengembangkan suatu produk kreatif yang layak hingga dunia mengakui produk kreatif asal Bandung. Kualitas dari musik digital ini akan disesuaikan dengan standar internasional agar bisa dipasarkan secara global.

    "Gimana caranya mengembangkan suatu produk kreatif yang layak hingga dunia mengakui produk kreatif asal Bandung. Jadi karya temen-temen di Bandung bisa difasilitasi di sini sehingga ketemu antara kreator dengan buyernya," jelasnya kepada wartawan di Bandung, Senin (6/3/2017).

    Selain memiliki standar internasional, dikatakan Guruh, pihaknya akan memberikan perlindungam hukum sehingga memiliki hak cipta tersendiri. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pembajakan.

    "Kita juga memproteksi karya-karya ini dan advokasi, dikawal baik dari hukum, bisnis maupun inkubasi, selain itu ada training dan edukasi sampai ke market place artinya mempertemukan antara kreator dengan pembeli," imbuhnya.

    Musisi asal kota kembang pun akan mendapatkan pelatihan tentang industri musik digital dari beberapa musisi senior yang sudah memiliki karya.

    "Ini bukan berarti Click Square membunuh karya yang sudah ada, tetapi yang sudah memiliki karya bisa berbagi di kelas-kelas musik yang sudah kami siapkan," jelasnya.

    Guruh menilai Bandung memiliki segudang musisi, ke depannya bukan hal yang mustahil memiliki aplikasi sendiri dalam menjual karyanya di dunia internasional.

    "Kenapa enggak Indonesia memiliki sendiri karena kontennya sudah ada, mudah-mudahan terwujud di sini, karena banyaknya komunitas IT dan lainnya, kita coba kolaborasikan di Click Square sehingga ke depannya tidak bekerja secara individual," jelasnya.

    Dia berharap dengan kolaborasi tersebut bisa melahirkan regenerasi musisi Kota Bandung, karya-karya terbaru bahkan tidak tertutup kemungkinan mampu menciptakan bisnis baru.

    "Adanya kolaborasi di sini akan melahirkan karya-karya baru sehingga bisa diakui di dunia internasional," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus