Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Mengantisipasi Kejadian Kebakaran, Garut Dapat Hibah Mobil Damkar

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21735.JPG

    GARUT-Dalam waktu dekat Kabupaten Garut akan memiliki armada Pemadam Kebakaran sebanyak 8 unit. Bantuan dimaksud berupa hibah dari Pemerintah Jepang. “Tahap pertama kita akan mendapatkan tiga unit, sisanya menyusul”, ujar Bupati Garut H. Rudy Gunawan, SH., MH., MP., di hadapan para peserta apel gabungan, yang juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-98 Pemadam Kebakaran Tingkat Kabupaten Garut, di Lapang Setda Kab. Garut, Senin (6/3/2017).

    Kejadian yang kerap terjadi pada musim kemarau di Kabupaten Garut, menurut Rudy, mengharuskan Tim Pemadam Kebakaran mengoptimalkan perannya. “Saya bersyukur sekarang statusnya sudah ditingkatkan menjadi dinas, sehingga kedepan permasalahan ini dapat segera terjawab,” ujarnya. Apalagi menurutnya, salah satu dari sembilan nawa cita adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, hendaknya menjadi bekal bagi tim Pemadam Kebakaran dalam menjalankan tugasnya.

    “Saya kira SOP dengan time response saat terjadi bencana dengan limit waktu maksimal 30 menit setelah ada laporan kejadian kebakaran, tidak mungkin optimal dilakukan, bila di dalamnya tidak kita support, yaitu tingkat kesejahteraan serta dukungan sarana,” tegasnya, seraya ia berjanji pada tahun anggaran 2018 akan disupport melalui anggaran yang memadai.

    Dirinya sangat respek dengan kondisi pegawai yang sebagian besar masih berstatus TKK (Tenaga Kerja Kontrak) dan TKS (Tenaga Kerja Sukarewan), untuk itu ia berjanji akan memperhatikan dari peningkatan kesejahteraan. “Kita lihat tim pemadam kebakaran ada yang bersatus TKK hingga 10 tahun, padahal bila dilihat dari tugasnya amat berat,” kata Rudy usai menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi 36 pegawai Dinas Pemadam Kebakaran yang berstatus TKK/TKS, serta 87 Pegawai Satpol PP.

    Untuk mendukung itu, dalam waktu dekat Pemerintah Kabupaten Garut akan memperoleh bantuan hibah berupa Armada Pemadam Kebakaran sebanyak 8 unit dari Pemerintah Jepang. “Sementara yang akan kita terima baru tiga unit. Dan saya telah menyiapkan visa bagi rombongan yang akan dipimpin Bapak Wakil Bupati untuk berangkat ke Jepang,” kata Bupati Rudy didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Garut H. Iman Alirahman, SH., M.Si.

    Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Drs. Aji Sukarmaji, M.Si, didampingi Sekretarisnya Drs. Satria Budi, M.Si, tema HUT Pemadam Kebakaran tahun ini adalah “Dengan Semangat Kebhinekaan Pemadam Kebakaran Hadir Memberikan Perlindungan dan Rasa Nyaman Kepada Masyarakat”. Kegiatan diisi dengan berbagai kegiatan berupa simulasi dan teknik penggunaan alat pemadam kebakaran ringan (APAR) di Gedung Pengadilan Negeri Garut. Selain itu, simulasi juga dilakukan di gedung PT Chansin Reksa jaya, serta di kantor PLN Distribusi Jawa Barat.

    Selama kegiatan HUT Pemadam Kebakaran, Dinas Pemadam Kabupaten Garut telah mengikuti Skill Competition Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten/Kota Se-Indonesia di Cibubur belum lama ini. Hasilnya, meraih peringkat 10 besar pada ketangkasan survival, 10 besar kegiatan Leader Pitching, dan Peringkat 5 besar kegiatan Hase Laying.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus