Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Disparbud Jabar: Ngamumule Budaya Lokal Menuju Desa Mandiri

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Herdiwan.jpg

     

    BANDUNG-Sebanyak 120 orang perwakilan dari desa-desa yang wilayah kerjanya memiliki potensi budaya lokal, sekaligus merupakan pengelola budaya lokal di daerahnya, diikutsertakan dalam workshop Pembinaan Tenaga Penggerak Pedesaan Bidang Kebudayaan di Jawa Barat Tahun 2011. Kegiatan berthema, “Menggali dan Mengembangkan Budaya Lokal Menuju Desa Mandiri,” itu, dilaksanakan tanggal 26 dan 27 April 2011 di Hotel Puri Khatulistiwa, Kabupaten Sumedang.

    Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Ir.H. Herdiwan Iin Suranta, MM, workshop tersebut merupakan upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mengimplementasikan salah satu misinya, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas tenaga penggerak pedesaan bidang kebudayaan di Jawa Barat, yang terampil, berpengetahuan dan berwawasan budaya lokal yang luas.

    “Diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan dalam menggali dan mengembangkan serta ngamumule potensi budaya lokal agar dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata andalan yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan mengangkat citra daerah,” kata Herdiwan.

    Herdiwan mengungkapkan, Provinsi Jawa Barat memiliki keragaman warisan budaya lokal yang tersebar di seluruh pelosok daerah, mulai dari perkotaan hingga perdesaan. Hal ini membuktikan betapa tingginya nilai-nilai peradaban leluhur kita pada zamannya.

    Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disparbud Jabar, Dra. Wiana Sundari menjelaskan, workshop tersebut digelar dalam rangka melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan budaya lokal sebagai daya tarik wisata. Selain itu, untuk memperkokoh jati diri dan ketahanan budaya serta meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia pemerintah daerah di bidang kebudayaan. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus