Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Untuk Keempat Kalinya, Diskominfo Selenggarakan Lomba Website

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21949.jpg

    BANDUNG-Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan website di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pihak Diskominfo Prov. Jabar akan melaksanakan penilaian/Lomba website di lingkungan OPD Pemprov. Jabar.

    Lomba website yang akan dinilai oleh Tim Juri independen atau tim penilai dari para paraktisi IT khususnya website, akan dilaksanakan selama 75 hari kalender, dimulai hari ini, Rabu (15/3) usai sosialisasi lomba hingga 2 Juni mendatang. Ada sekitar 49 OPD yang memiliki web yang merupakan subdomain dari jabarprov.go.id akan ikut lomba dan mendapatkan penilaian, jelas penanggungjawab lomba, Kabid Aplikasi Informatika (APTIKA), Kiagus Denny Sofian Diskominfo Prov.Jabar.

    Saat acara sosialisasi tentang lomba website, Kepala Diskominfo Prov. Jabar, Anton Gustoni menegaskan, bahwa dibangunnya website OPD bukan untuk tujuan mengikuti lomba, tetapi untuk meningkatkan pelayanan data dan informasi kepada publik. "Lomba ini hanya sekedar pemberian pembinaan agar setiap website opd berbenah dan melakukan "improvement", ujarnya.

    Kendatipun demikian, Anton Gustoni berharap agar penyelenggaraan lomba kali ini lebih mempertajam kualitas keberadaan website di lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang ujung-ujungnya adalah meningkatnya kualitas penyajian data dan informasi.

    Sementara dari yang mewakili tim juri, Fadjar menjelaskan, bahwa ada lima ukuran untuk menyatakan bahwa website OPD tersebut adalah terbaik. Pertama, adanya pengelola (admin), Kedua, penyajian informasi yang terstruktur. Ketiga, tata letak yang baik sehingga memudahkan dalam pencarian data dan informasi. Keempat, adanya data dan informasi tentang transparansi kinerja. Kelima, adanya data dan informasi tentang transparansi bidang anggaran.

    Ukuran-ukuran tersebut adalah menjadi ukuran standar dalam penilaian web, dimana dalam hal teknisnya tidak ditentukan ukurannya."Silakan, mau frameworknya menggunakan model Joomla, wordpress, atau create sendiri menggunakan CI, dlsbnya, itu diserahkan kepada OPD yang bersangkutan, jelas Fajar.

    Para pengelola website OPD secara umum menyatakan kesiapannya untuk mengikuti lomba. "Namun saya minta pihak Diskominfo Prov. Jabar membentuk Tim Asistensi bagi opd agar bisa memahami lima ukuran tadi untuk mengetahui sejauh mana kondisi web yang ada di OPD, ujar Edwin utusan dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Jabar.

    Pihak Diskominfo dan Tim Penilai bersedia untuk membuka "kanal" konsultasi dengan pihak admin web OPD  untuk improvment dan progress perbaikan websitenya.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus