Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pengelolaan Sampah Dibawah DLHK

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21969.jpg

    BANDUNG-Kewenangan pengelolaan sampah di Kota Bandung secara struktural, berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung. Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto, usai rapat bersama antara para pimpinan SKPD dan Direktur PD. Kebersihan.

    Menurut Yossi, untuk tugas ini DLHK akan melakukan penugasan kepada PD Kebersihan sebagai perusahaan daerah yang memiliki sumber daya dalam pengelolaan sampah.

    “Secara operasional, PD. Kebersihan telah melaksanakan pengelolaan sampah di Kota Bandung, mulai dari pengangkutan hingga pengolahan,” ucapnya.

    Yossi mengatakan, adanya perubahan kewenangan tersebut sebagai dampak dari terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Bandung.

    “Penetapan kewenangan itu juga diberlakukan dengan mempertimbangkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah dan Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2011 tentang Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung,” katanya.

    Yossi mengaku, pihaknya sendiri telah melakukan konsultasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kejaksaan Negeri, dan berbagai stakeholder lainnya.

    “Kita berupaya agar mekanisme operasionalisasi pengelolaan kebersihan ini berjalan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Hasil dari konsultasi dan berbagai pertimbangan, dalam waktu dekat pemerintah akan menerbitkan Peraturan Walikota (Perwal) dan Keputusan Walikota (Kepwal) tentang mekanisme operasionalisasi dan pembiayaan pengelolaan persampahan,” tuturnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus