Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    375 Warga Sumedang Idap Penyakit HIV/AIDS

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_21970.jpg

    SUMEDANG-Sosialisasi Penanggulangan Penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Sumedang Tahun 2017 diselenggarakan di Aula Tampomas Gedung IPP Kabupaten Sumedang, Kamis, (16/3), Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Drs.H.Zaenal Alimin,MM, Serta dihadiri pula oleh perwakilan dari Dinas kesehatan, Perwakilan dari Pengurus Komisi Penanggulangan Aids (KPA), Para kader KPA, Perwakilan dari UPTD dinas kesehatan se-Kabupaten Sumedang, Serta para peserta lainnya.

    Sekretaris daerah Kab. Sumedang, Zaenal Alimin,MM, Dalam sambutannya mengatakan bahwa, untuk memerangi HIV/AIDS memerlukan perhatian serius dan harus dilakukan berbagai macam upaya yang maksimal untuk menekan penyebaran virus. Lanjut sekda, epidemi HIV/AIDS merupakan ancaman besar bagi kesehatan masyarakat termasuk juga didalamnya sektor sosial, Ekonomi, yang artinya dapat mengancam keberhasilan pembangunan yang sudah tercapai. “Permasalahn HIV/AIDS  kian hari kian menjadi suatu hal yang sangat memprihatinkan, Karena epidemi HIV dan AIDS saat ini telah menjadi ancaman serius dan merupakan tragedi kemanusiaan dunia dan juga indonesia,” Ujarnya.

    Pada kesempatan tersebut Zaenal juga mengungkapkan bahwa kasus AIDS yang terjadi di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, menurut data yang dilaporkan oleh kementerian kesehatan sampai dengan tahun 2014 triwulan III terdapat 22.869 ( dua puluh dua ribu delapan ratus enam puluh sembilan) kasus AIDS yang terdapat  kasus AIDS  sejak pertama kali di temukan tahun 1987. Untuk kasus HIV dab AIDS di provinsi Jawa Barat sendiri, Lanjut Zaenal, terdapat 20.296 kasus HIV dan 6.222 kasus AIDS, Penemuan ini menempatkan Jabar sebagai peringkat ke-3 terbesar kasus HIV dan AIDS terbesar.“ Sudah merupakan kewajiban kita bersama untuk mencegah, menanggulangi, serta mengantisipasi permasalahan ini secara lintas sektoral dan berkesinambungan,” Imbuhnya.

    Diungkapkan Zaenal, Wilayah Kabupaten Sumedang merupakan salah satu daerah yang berpotensi terhadap penyebaran HIV/AIDS, oleh karena itu, kata Zaenal, upaya untuk mensosialisasikan ancaman dan bahaya HIV/AIDS kepada seluruh lapisan masyarakat perlu terus dilakukan agar masyarakat bisa terbebas dari ancaman Virus tersebut. ”Di Kabupaten Sumedang, jumlah kasus HIV/AIDS  meningkat signifikan, sedikitnya 375 warga kabupaten Sumedang tercatat positif mengidap penyakit HIV/AIDS, Dari ratusan penderita tersebut, 201 orang diantaranya dilaporkan sudah meninggal, sedangkan sekitar 90 orang, masih menjalani proses pengobatan,“ Pungkasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus