Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gelaran Ngopi Saraosna Mengedukasi Masyarakat

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22006.jpg

    BANDUNG-Pegiat Kopi Puntang yang juga sebagai insiator acara, Ayi Sutedja, mengatakan gelaran ini memang dikhususkan untuk membangkitkan lagi budaya meminum kopi di masyarakat Jawa Barat. “Jawa Barat penghasil kopi kualitas premium, tapi sayang sekali masyarakat Jabar banyak yang tidak mengetahui kalau kopi asli Jabar itu mendapat pengakuan di tingkat internasional,” katanya di Gedung Sate Bandung, Minggu (19/3) . 

    Untuk itu, bersama Q (Quality) Grader dan Pemprov Jabar melalui Biro Humas dan Protokol, dan Biro Umum Setda Jabar menggagas acara yang dimaksudkan menjadi trigger bagi geliat kopi Jabar. “Ada anggapan minum kopi adalah produk luar negeri. Padahal, Indonesia memiliki budaya asli seruput kopi dari sejak jaman nenek moyang. Kopi tubruk atau menyeduh kopi dengan cara 'ditubrukkan' langsung dengan air panas adalah cara terbaik menikmati kopi asli Indonesia,” jelas Ayi. 

    Selain kesempatan untuk mencicipi berbagai jenis kopi dari hampir seluruh daerah di Jawa Barat, digelar juga public cupping atau uji coba kualitas kopi dari tiga macam jenis biji kopi (biji yang masih hijau, biji yang sudah merah/matang, dan biji busuk).

    Q Grader Jawa Barat, Acek, mengatakan acara ini juga sebagai wahana edukasi bagi para petani kopi untuk menghasilkan kopi yang bernilai tinggi. “Kualitas kopi tergantung pada treatment sebelum dan sesudah panen. Bagaimana para petani ini mengenali biji kopi yang matang, cara menjemur, hingga proses roasting. Itu semua turut menentukan kualitas kopi. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus