Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Partisipasi Pilkada Harus Ditingkatkan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22165.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Kota Bandung dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung akan bekerja sama untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 mendatang.

    Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok mengatakan antisipasi ini dilakukan untuk mengatasi menurunnya partisipasi publik.

    “Pada Pilkada 2008, partisipasi publik dalam pemilihan Wali Kota Bandung mencapai 75%. Jumlah tersebut menurun menjadi 60% pada pemilihan Wali Kota Bandung tahun 2013. Semoga pada tahun 2018 nanti tidak ada penurunan lagi,” katanya dalam rapat koordinasi bersama pemerintah kota.

    Kekhawatirannya cukup beralasan, sebab menurut hasil analisa KPU Pusat, ada kecenderungan penurunan partisipasi politik masyarakat di kota-kota besar. Hal tersebut terjadi pada pemilihan umum di Makassar, Surabaya, dan Medan yang cukup menjadi perhatiannya.

    “Ini bisa jadi terjadi juga di Kota Bandung mengingat Bandung juga merupakan kota besar. Saya pikir, ini tidak hanya menjadi tanggung jawab KPU, tetapi juga pemerintah daerah. Kita, secara bersama-sama, perlu memberikan edukasi politik kepada masyarakat untuk menjaga indeks demokrasi Kota Bandung,” ujar Rifqi. Jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus