Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher : Sekolah Swasta Harus Jadi Pilihan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22428.jpg

    BANDUNG-3 dari 4 sekolah yang mewakili Jawa Barat di Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional adalah sekolah swasta. Sekolah-sekolah tersebut yaitu TK Ar-Rahman Kota Depok, SD Mutiara Bunda Kota Bandung dan SMP Islam Cendikia Kab.Cianjur.

    "Luar biasa, berarti sekarang swasta sudah menyaingi sekolah negeri", ujar Aher di sela-sela sambutannya saat menghadiri acara pemberian uang pembinaan, piala dan piagam kepada para pemenang LSS tingkat Jabar di Aula Barat Gedung Sate,Bandung, Selasa (11/04).

    Menurut Aher, wajah sekolah swasta yang selalu dipandang bahwa muridnya adalah anak-anak yang tidak lulus ke sekolah negeri, itu hanya sementara. Kedepannya Pemerintah Prov.Jabar telah merencanakan agar baik sekolah negeri ataupun swasta menjadi sekolah pilihan. Pemprov Jabar berkomitmen untuk meningkatkan kualitas sekolah negeri dan swasta.

    "Kalau ingin pelayanannya bagus, kemudian harganya lebih mahal, bisa dijangkau oleh orang tertentu ya pilih swasta, kalau yang standar minimal, plus sedikit ya pilih negeri", pungkas Aher.

    Aher menambahkan, bahwa jangan sampai lagi ada anak yang memilih swasta dengan alasan karena tidak lulus masuk sekolah negeri, karena itu berarti sekolah belum sehat dan belum normal. Padahal pendidikan adalah hak warga negara, dan kewajiban negara adalah menyelenggarakan pendidikan.

    "Kalau mau ikut dengan negara dipersilahkan, hak warga negara untuk mendapatkan pendidikan yang layak, murah dan berkualitas, begitu konsepnya,"tambah Aher.

    Pemprov Jabar berkomitmen untuk memperlakukan dan memperhatikan sekolah swasta sama dengan sekolah negeri. Aher menuturkan jika sekolah swasta tidak dikelola dengan baik dan kualitasnya rendah akan berdampak buruk bagi anak-anak penerus bangsa yang kebanyakan justru bersekolah di sekolah swasta. Itulah yang menjadi tekad pemprov Jabar, supaya sekolah swsta setara dengan sekolah negeri bahkan lebih tinggi.

    Berkaitan dengan sekolah swasta, Aher menambahkan bahwa sekarang beban pendidikan akan dibagi rata. Perguruan Tinggi di pemerintah pusat, SMA dan SMK di provinsi, SMP dan SD ada di kabupaen/kota, sementara ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah itu vertikal ada di bawah kementerian agama RI, tetapi pemerintah provinsi tidak pilih kasih jika memang ada sekolah di bawah kemenag yang memerlukan bantuan, pasti akan dibantu selama itu masih masyarakat Jabar, pungkas Aher.

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus