Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Uji Bahan Pangan di Mini Lab Security

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22437.jpg

    BANDUNG-Saat ini keamanan pangan adalah hal yang sangat penting untuk dijaga dan diketahui, oleh karenanya keamanan terhadap pangan sangat penting untuk dilakukan pengawasan maupun pemeriksaan.

    Kepala Seksi Keamanan Pangan Hasil Peternakan, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Ermaria mengatakan, pengawasan dan pemeriksaan sangat penting dilakukan karena di pasaran bahan pangan yang siap diedarkan banyak yang dipalsukan atau ditambahkan dengan zat kimia yang berbahaya.

    “Untuk menjaga keamanan masyarakat Kota Bandung, kita melakukan pengujian dan pemeriksaan pangan segar yang dijual atau diedarkan di pasar tradisional maupun pasar modern dan distributor/agen,” ucap Ermaria, pada kegiatan Bandung Menjawab, di Ruang Media Balai Kota Bandung, Selasa (11/04).

    Menurut Ermaria, untuk memberikan kemudahan dan percepatan pemeriksaan terhadap pangan yang akan diedarkan, pihaknya telah memiliki inovasi bernama Mini Lab Security.

    “Mini Lab Security merupakan inovasi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan konsumen mengkonsumsi bahan pangan segar sesuai Perwal No. 1151 tahun 2016 tentang pemeriksaan pangan pada mini lab food security di pasar modern dan pasar tradisional,” paparnya.

    Ermaria menuturkan, mini lab merupakan tempat pemeriksaan percobaan dan pelatihan dengan mempergunakan peralatan dan bahan kimia untuk menguji keamanan pangan segar seperti daging, susu, telur, beras, ikan, sayuran dan buah-buahan dengan skala kecil dan pemeriksaan yang sederhana dan cepat.

    "Diperiksa dengan uji cepat. Repites, jadi diharapkan ada pemisahan atau bisa dibilang screaning test atau pemisahan yang positif dan negatif, mana yang mengandung bahan kimia dan mana yang tidak," katanya.

    Sejak  tahun 2016 program ini sudah mulai diluncurkan dan sudah tersedia 6 mini lab food security yang ada di 6 pasar modern, antara lain di Yogya group, Hypermart, Superindo Dago, Setiabudi supermarket, Carrefour PVJ, di Lottemart Soekarno Hatta dan Giant Pasteur Hyperpoint. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus