Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Delineasi Batas Desa/Kelurahan di Garut

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22453.jpg

    GARUT-Sebagai cikal bakal bagi penetapan dan penegasan batas pada level di atasnya, bahkan merupakan awal pembangunan Indonesia, badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan prototipe pemetaan batas desa/kelurahan dan kecamatan secara kartometris di beberapa kabupaten, salah satunya di Kabupaten Garut. 

    Bertempat di Gedung Negara Pendopo Garut, Selasa (11/4/2017) Berlangsung Acara Temu Kerja Delineasi Batas Desa/Kelurahan Secara Kartometik Dalam Rangka Percepatan Penetapan dan Penegasan Batas Desa/Kelurahan di Kabupaten Garut. Turut hadir Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Garut, Drs. Dididt Fajar Putradi,M.Si, para kepala SKPD, camat dan para kepala desa se- Kabupaten Garut.

    Pemetaan tersebut dilakukan sebagai implementasi Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial dan Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

    Batas wilayah Desa yang dinyatakan dalam bentuk Peta Desa ditetapkan dengan peraturan Bupati/Walikota. Undang-Undang tersebut pada Pasal 17, mengamanatkan bahwa Peraturan Daerah Kabupaten/Kota tentang pembentukan, penghapusan, penggabungan, dan perubahan status Desa menjadi kelurahan atau kelurahan menjadi Desa diundangkan setelah mendapat nomor registrasi dari Gubernur dan kode Desa dari Menteri disertai Lampiran Peta Batas Wilayah Desa.

    Tujuan kegiatan ini adalah percepatan pembangunan garis segmen batas desa yang definitif seluruh Indonesia khususnya Kabupaten Garut, tersusunnya jadwal ajudikasi penarikan garis batas desa secara kartometrik di kecamatan seluruh Kabupaten Garut serta tersusunnya berita acara segmen batas  antar desa dan antar kecamatan di Bandung Barat.

    Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, Temu Kerja ini diselenggarakan dalam rangka upaya percepatan penetapan dan penegasan batas desa dan kelurahan oleh Pemkab Garut. Nantinya dengan adanya penetapan batas desa  dan kelurahan ini akan mempermudah Pemkab Garut dalam memetakan aset-aset pemkab yang selama ini masih ada namu belum terdata, sehingga akan memudahkan bilamana aset-aset tersebut dilakukan sertifikasi.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus