Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemanfaatan Obat Herbal Berbahanbaku Sambiloto

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22506.jpg

    BANDUNG-Guru besar Farmasi Unpad Prof. Dr. Jutti Levita, M.Si. menyatakan banyak manfaat dari tanaman Herbal Sambiloto. Hal itupun menjadi salah satu pembahasannya dalam orasi  penerimaan jabatan Guru Besar dalam Bidang Farmakologi Molekular pada Fakultas Farmasi Unpad.

    Prof. Jutti membacakan orasi ilmiah berjudul “Mencari Inhibitor COX-2 dari Tanaman Sambiloto: Sebuah Model Peta Jalan Riset Farmakologi Molekular”.

    “Meskipun target kerja obat saat ini mulai ditunjukan ke arah DNA dan reaksi DNA-RNA, target konvensional masih tetap merupakan objek riset yang menarik,” ujar perempuan kelahiran Surabaya, 9 April 1963 ini.

    Orasi ilmiah Prof. jutti tersebut membahas peta jalan riset farmakologi molekular dengan target kerja enzim COX menggunakan herba sambiloto sebagai model.

    Herba sambiloto merupakan salah satu bahan obat tradisional yang paling banyak dipakai di Indonesia, dan dapat dijumpai hampir di seluruh kepulauan nusantara.

    Upaya pencarian inhibitor COX-2 dijelaskan menggunakan model senyawa diterpenoid bisiklik andrografolid, konstituen utama herba sambiloto.

     “Senyawa ini mudah diabsorpsi, terlokalisir di pusat radang, dan memiliki ketersediaan hayati baik, sehingga berpotensi untuk dijadikan kandidat anti-inflamasi,” jelas Prof. Jutti. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus