Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Homestay Cilodong Dorong Potensi Wisata Karanggantungan

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22510.jpg

    BANDUNGKAB-Dorong potensi pariwisata di Kp.Cilodong Desa Karangtunggal Kecamatan Paseh, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, berdayakan rumah warga untuk tempat bermalam (homestay).

    Bupati Bandung H.Dadang M.Naser mengatakan, Kp.Cilodong memiliki potensi wisata alam yang sangat bagus. Menurutnya, pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Permukiman Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) untuk permukiman di Cilodong, bisa mendorong berkembangnya  potensi wisata situs Karanggantungan, salah satunya penyediaan homestay untuk wisatawan.

    "Konsep andalan Kp.Cilodong ini bisa berbentuk pariwisata kerakyatan. Sehingga selain mendorong masyarakat berperan aktif, dengan berdirinya homestay ini akan meningkatkan ekonomi lokal," jelasnya saat pertamakali bermalam di lokasi Kp.Cilodong Desa Karangtunggal Kecamatan Paseh, Rabu ( 12/4).

    Lebih lanjut Bupati membagi pengalamanya saat itu. Menurutnya udara disana sangat segar, karena kawasan asri dengan 43 rumah yang dikelilingi pepohonan  itu, memiliki  suasana alam yang sayang untuk dilewatkan.

    "Hamparan indah gunung, sawah dengan udara yang segar, jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang penat, membuat kita betah, santai dan damai berada di sini," ungkap Bupati didampingi sang istri Hj.Kurnia Agustina Naser.

    Sesungguhnya, kata Bupati wilayah Kp.Cilodong ini dulunya adalah kawasan terpencil dengan rumah yang tidak layak huni. Tetapi melalui program Penataan Lungkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) yang diinisiasi oleh Perkimtan, kawasan ini berubah menjadi permukiman yang layak huni dan sehat.

    "Usaha Pemkab dengan masyarakat Karangtunggal akhirnya membuahkan hasil. Permukiman yang tadinya kumuh, jalan sempit, bangunan tak teratur dan kotor, kini sudah berubah dan bahkan sangat layak untuk mendongkrak potensi wisatanya," Pungkas Dia.

    Sementara, Kepala Dinas Perkimtan Ir. Erwin Rinaldi, M.Sc mengamini jika kawasan Cilodong ini menjadi salah satu wahana menginap untuk mendukung potensi wisata situs Karanggantungan.

    Erwin menjelaskan PLPBK ini akan berkonsentrasi pada penanganan persoalan permukiman, melalui perencanaan pelaksanaan serta pengelolaan hasil-hasil pembangunan oleh masyarakat setempat dengan bimbingan dan pengawasan dari pemerintah.

    "Dengan tujuan untuk  mewujudkan perbaikan kualitas hidup masyarakat miskin, melalui penataan lingkungan permukiman yang teratur aman dan sehat serta tercapainya target permukiman 100-0-0-100, yakni 100% ketersediaan air minum 0% kawasan kumuh dan 100% akses sanitasi.

    Hal yang tak kalah penting dalam program tersebut, ucap Erwin agar sanitasi dapat tercapai maka strategi yang dilakukan selain mendorong terjadinya Sinergi antara pemerintah daerah masyarakat, pihaknya akan mengupayakan peningkatan kapasitas kelembagaan masyarakat dan pemerintah daerah, agar dapat mengelola proses peningkatan kualitas lingkungan permukiman secara mandiri dan berkelanjutan.

    "Yang perlu di lakukan juga adalah mendorong terjadinya perubahan perilaku atau sikap masyarakat Kp.Cilodong itu sendiri, melalui proses penataan lingkungan permukiman yang teratur aman dan sehat," tutup Erwin.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus