Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Website Garutkab Menduduki Peringkat ke-7 di Jawa Barat

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/P1140418.jpg

    GARUT- Berdasarkan Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) Kementerian Komunikasi dan Informatika Jawa Barat Tahun 2011, Web Kabupaten Garut – www.garutkab.go.id - menduduki peringkat ke-7 dari 20 kabupaten / kota di Jawa Barat. Kabupaten / kota yang peringkatnya di atas Garut, secara berturut-turut dari yang teratas : Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kota Depok.

    Kriteria yang dinilai PeGI terdiri dari Kebijakan, Kelembagaan, Infrastruktur, Aplikasi, dan Perencanaan. Nilai yang diperoleh Garutkab untuk kriteria-kriteria tersebut dalam skala 4 secara berturut-turut 2,25; 2,20; 2,29; 2,47; dan 1,95; dengan nilai rata-rata 2,23 serta kategori “Kurang”.

    Untuk kriteria tertentu, Garut lebih unggul dibanding kabupaten / kota lain. Kriteria kebijakan, Kabupaten Garut lebih unggul dibanding Kota Cimahi (1,90) dan Kota Depok (2,20); kriteria kelembagaan, lebih unggul dibanding Kota Cimahi (1,90); kriteria infrastruktur, lebih unggul dibanding Kota Depok (2,14); serta kriteria aplikasi, lebih unggul dibanding Kota Depok (2,24).

    Menurut Kabag Informatika Setda Kab. Garut Drs. Dikdik Hendrajaya, M.Si., evaluasi Dimensi Kelembagaan dilakukan PeGI di antaranya terhadap adanya organisasi struktural yang lengkap sehingga dapat menjalankan fungsi tata kelola TIK, pengembangan, pengoperasian, penyediaan layanan TIK, dan fungsi-fungsi lain dengan baik.

    Prestasi ini bukan yang pertama diraih Kabupatebn Garut. Tahun 2009 yang lalu melalui ajang e-government award, dengan rating B diurutan 8, dibawah Pemkab Jembrana (sebagai Best of The Best), kedua Kota Surabaya, diikuti Kota Bogor, Kota Malang, Kota Yogyakarta, Kabupaten Sumenep, dan Kabupaten Lamongan. Bahkan pada tahun 2007 melalui lomba di Bubu Award,  Kabupaten Garut tidak tanggung-tanggung meraih dua predikat sekaligus, yaitu sebagai Situs (laman) dengan alamat saat itu www.garut.go.id meraih penghargaan website favorit atau The Most Favorite Website of the Year dalam Bubu Awards V.05 yang diumumkan di Jakarta.

    Situs pemkab Garut juga meraih penghargaan Government Award dalam kategori Corporate Category dalam pengumuman pemenang dalam acara puncak Malam Lintas Generasi yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) saat itu dijabat Sofyan Djalil.

    Tentunya keberhasilan ini patut disyukuri mengingat, Kabupaten Garut merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat yang tengah gigih mencanangkan Jabar Cyber Province 2012. Kendalanya adalah belum terbangunnya infrastruktur dengan memadai, padahal tahun 2012 hanya tinggal menunggu waktu, Kabupaten Garut dihadapkan letak geografis yang berbeda dengan kota lain peraih e-government award. Hingga kini belum seluruh kecamatan di Kabupaten Garut terakses jaringan komunikasi telepon. Padahal di pelupuk mata tersimpan potensi alam yang bisa dikelola, salah satunya dengan penerapan e-government, bisa diterapkan melalui e-farm, atau aplikasi apalah istilahnya, sesuai dengan kondisi daerah ini.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus