Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Aher Hadiri Seminar PPI di Inggris

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22637.jpg

    INGGRIS-Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Leeds - Inggris, tahun ini kembali menyelenggarakan program tahunannya dalam bentuk seminar yang bertajuk Strategic Contribution for Indonesia. Kegiatan rutin ini juga didedikasikan hasilnya menjadi sumbangsih mahasiswa Indonesia di luar negeri dalam bentuk rekomendasi bagi kebijakan Pemerintah Indonesia.

    Dari release Humas Jabar, tahun ini PPI Leeds tertarik mengundang Provinsi Jawa Barat sebagai daerah dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, provinsi penyangga ibu kota dengan jumlah industri manufaktur terbanyak di nusantara. Di sisi lain, Jawa Barat juga dipandang menarik dalam kekayaan dan keanekaragaman sumber daya hayati serta potensi alam yang berlimpah ruah. 

    Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher), yang menghadiri langsung event tersebut memaparkan kiprah daerahnya dalam pembangunan berkelanjutan. Ide pembangunan berkelanjutan menurutnya, menekankan pada pendekatan ekologis dalam penataan kota, namun tidak mengesampingkan aspek-aspek sosial dan ekonomi. 

    "Formulasinya, pembangunan berkelanjutan harus berkonsep green, smart and clean, Jabar memiliki keinginan kuat untuk mengimplementasikan konsep ini," jelas Aher di hadapan para peserta, di Leeds Inggris, Sabtu (22/4) waktu setempat. 

    Aher mengetengahkan contoh ide pengembangan tiga metropolitan yaitu Metropolitan Jabodetabek-karpur untuk fungsi industri manufaktur, jasa, keuangan dan perdagangan. Metropolitan Bandung Raya untuk fungsi pariwisata, industri kreatif, pendidikan dan teknologi. Terakhir, Metropolitan Cirebon untuk fungsi pusat seni budaya, industri makanan, dan kerajinan.

    Gagasan berikutnya menurutnya adalah pengembangan tiga kawasan pusat pertumbuhan yaitu Pangandaran, Rancabuaya dan Pelabuhan Ratu untuk fungsi pariwisata, pertanian dan perikanan.

    Aher pun menambahkan contoh lainnya adalah pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati sebagai pembangunan transportasi strategis yang berkelanjutan. BIJB saatnya nanti beroperasi pada akhir 2018, akan menjadi solusi kebutuhan mobilisasi masyarakat kota yang makin tinggi. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus