Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pagelaran Teater Bagaspati Gugur di Rumentang Siang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22725.jpg

    BANDUNG-"Agar seni budaya dan tradisi tetap lestari, diperlukan regenerasi yang akan meneruskan pelestarian seni budaya daerah, khususnya bagi para pelajar tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi, sehingga masyarakat dapat mengenali seni budaya tradisi daerahnya," demikian dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Ida Hernida SH, M.Si, saat membuka acara Pergelaran Seni Pertunjukkan Lakon dengan judul “Bagaspati Gugur”, yang digelar di Gedung Kesenian Rumentang Siang, Jl. Baranang Siang No. 1 Bandung, Kamis (27/4), pukul 13.30 WIB. 

    Ida menuturkan provinsi Jawa Barat kaya akan seni dan budaya daerah, yang tersebar di 27 Kab/Kota. Namun, seni budaya tersebut saat ini kondisinya memprihatinkan, tidak sedikit akan punah bahkan telah punah. Ini merupakan tugas kita semua, bukan hanya pemerintah semata. 

    “Kondisi ini tidak terlepas dari perkembangan sebuah peradaban ke arah modernisasi yang serba otomatis. Dikhawatirkan berimbas pada seni budaya tradisi yang ada di daerah-daerah di Jawa Barat. Untuk menghalau hal itu, para seniman dan budayawan harus memiliki kreativitas dan inovasi sehingga dapat menyesuaikan karya hasil kreasinya dengan kondisi saat ini tanpa menghilangkan nilai-nilai seni budaya tradisi,” ujarnya.
     
    Untuk itu, lanjutnya, pada kesempatan ini pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, mengajak kepada semua pihak untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisi Jawa Barat melalui program pelestarian. Hingga kini, seni dan budaya tradisi di negara lain merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan baik lokal atau pun mancanegara, begitu juga di Jawa Barat.

    Dengan berkembangnya seni budaya tradisi, disertai pula dengan Sapta Pesona, Keamanan, Kenyamanan, Kebersihan, Keramahan, akan menjadi daya tarik wisatawan. Berdampak juga terhadap peningkatan kunjungan wisatawan, yang pada akhirnya berimplikasi terhadap perkembangan perekonomian daerah dan masyarakat. 

    “Saya berpesan agar generasi muda dan masyarakat Jawa Barat dapat berperan aktif melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisi di masing-masing daerahnya agar Negara-negara lain tidak lagi mengklaim seni budaya tradisi daerah kita termasuk seni yang akan dipergelarkan saat ini,” jelasnya. 

    Pergelaran Seni Pertunjukan Teater Lakon dengan judul “Bagaspati Gugur” berasal dari Sanggar Seni Budaya Bakekok Dusun Cisaga Kota Rt/Rw 002/001 Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus