Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Hj. Netty: Perlu Peningkatan Kualitas Guru Untuk Ubah Paradigma

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/Hj.Netty-Prasetyani_.jpg

    BANDUNG-Hasil evaluasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, 10 persen dari 200.000 guru bersertifikat di Jawa Barat mengalami penurunan kerja. Sebanyak 70 persen lainnya stagnan atau tetap dan 20 persen sisanya mengalami peningkatan. Artinya, tesis bahwa meningkatnya kesejahteraan guru diharapkan meningkat pula kualitas pendidikan, perlu ditinjau ulang.

    Demikian diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Hj. Netty Prasetyani Heryawan dalam Seminar Pendidikan Profesi Guru Bahasa Indonesia dan Pekan Seni Sastra Bahasa Indonesia di Universitas Pasundan, Bandung, belum lama ini.

    “Ini menjadi pekerjaan rumah (PR) besar dalam meningkatkan mutu guru yang berikutnya tentu berhubungan dengan membangun Jawa Barat yang lebih baik,” katanya.

    Netty menjelaskan, variabel besar dalam kesuksesan pendidikan meliputi hardware, software, dan brainware. Untuk itu perlu adanya restrukturisasi dari mulai paradigma berpikir guru tersebut, hingga tingkatan kebijakan pemerintah.

    "Guru adalah pendidik profesional. Sayangnya realita di lapangan, masih banyak guru yang tidak berlatar belakang dengan ketentuan/bidang studi yang sesuai," ujar Netty.

    Menurut Netty, masih banyak guru yang memiliki kompetensi/profesionalitas rendah. Masih banyak guru yang kurang terpacu untuk mengembangkan diri. Hanya sedikit guru yang secara sungguh-sungguh dalam membangun kesejawatan.

    Untuk itu perlu upaya-upaya untuk meningkatkan mutu guru: sertifikasi, seminar-seminar, mengubah paradigma, "bukan lagi teacher learning center, tapi student learning center".

    Dihadapan para mahasiswa Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan UNPAS, Netty menekankan pentingnya bagi guru untuk mengenal gaya belajar, menciptakan suasana yang menyenangkan, dan mengutamakan character development. (enal)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus