Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peringatan Hardiknas di Sumedang

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22775.jpg

    SUMEDANG-Peringatan Hari Pendidikan Nasional di tingkat Kabupaten Sumedang, diperingati melalui Upacara Bendera yang dilaksanakan di Alun-alun Sumedang, Selasa, (2/5), dengan dihadiri Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah, Para Kepala SKPD, Ketua TP-PKK Kabupaten, dan Ketua beserta anggota PGRI Kabupaten Sumedang.

    Bertindak selaku Pembina Upacara, Bupati Eka yang membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendi mengungkapkan, peringatan Hardiknas tahun ini mengambil tema ‘Pendidikan dan Kebudayaan Sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila’. 

    Dijelaskan Muhadjir, bahwa kata kunci dari tema yang diusung adalah ‘gerakan’. Ia pun menuturkan, yang mana pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa, dan oleh karena itu, pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata.

    “Kita harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat. Kita dorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa, masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, dan ormas/LSM mengorganisasi,” Tuturnya.

    Lebih lanjut Muhadjir mengatakan, bahwa berbeda dengan sekadar program yang perasaan memiliki atas kegiatan hanya terbatas pada para pelaksana program, sebuah gerakan justru ingin menumbuhkan rasa memiliki pada semua kalangan. “Mari kita ajak semua pihak untuk merasa peduli, untuk merasa memiliki atas problematika pendidikan, agar semua bersedia menjadi bagian dari ikhtiar untuk menyelesaikan problematika itu,” Katanya.

    Di hari Pendidikan Nasional tahun ini, Muhadjir pun mengajak untuk mengembalikan semangat dan konsep Ki Hadjar Dewantara, bahwa sekolah harus menjadi tempat belajar yang menyenangkan, sebuah wahana belajar yang membuat para pendidik merasakan mendidik sebagai sebuah kebahagiaan, sebuah wahana belajar yang membuat para peserta didik merasakan belajar sebagai sebuah kebahagiaan, pendidikan sebagai sebuah kegembiraan, pendidikan yang menumbuh-kembangkan potensi peserta didik agar menjadi insan berkarakter Pancasila.

    “Ikhtiar besar kita untuk pendidikan ini hanya akan bisa terwujud apabila kita semua terus bekerja keras dan makin membuka lebar-lebar partisipasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam pendidikan. Mulai hari ini, kita harus mengubah perspektif bahwa pendidikan bukan hanya urusan kedinasan di pemerintahan, melainkan juga urusan kita dan ikhtiar memajukan pendidikan adalah juga tanggung jawab kita semua,” Beber Muhadjir menutup amanatnya. 

    Selepas Upacara, dalam rangka Hardiknas tingkat Kab. Sumedang tahun 2017 ini juga diisi oleh pemberian berbagai penghargaan yang diserahkan oleh Bupati Eka kepada Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas berprestasi dari mulai jenjang TK/RA, SD, dan SMP, penyerahan Piala Kejuaraan Liga Futsal OSIS Tingkat SMA/SMK/MA kepada SMAN 2 Cimalaka yang berhasil menjadi juara umum, penyerahan Sertifikat Indikasi Geografis untuk produk sawo Sukatali Sumedang yang diberikan kepada Ketua Asosiasi Petani Sawo (Anisa), dan penyerahan SK Tenaga Honorer Kategori 2 yang mengikuti Uji Publik dan seleksi CPNS tahun 2013 di lingkungan Pemkab Sumedang yang diberikan kepada sebanyak 2.452 orang.

    Masih pada kesempatan yang sama, dalam rangka mewujudkan daya dukung terhadap penyelenggaraan pendidikan nasional dan kepedulian terhadap kaum disabilitas, Baznas Kab. Juga turut memberikan santunan yang berasal dari titipan zakat dari para muzakki berupa bantuan pendidikan bagi anak kurang mampu tingkat SD kepada sebanyak 1.200 siswa sejumlah Rp. 360 juta, tingkat SMP bagi sebanyak 200 siswa sejumlah Rp. 100 juta dengan total bantuan sebesar Rp. 460 juta, dan bantuan alat bantu dengar bagi siswa disabilitas.  

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus