Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Rumah Zakat Gelar Pelatihan Bioplastik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22777.jpg

    BANDUNG-Rumah Zakat menginisiasi pelatihan bioplastik untuk mengurangi sampah plastik dimasyarakat. Dalam siaran persnya, Selasa (2/5) diinformasikan pelatihan dilakukan di Kampung Nagrog RT 002/RW 012, Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Bioplastik merupakan plastik yang dapat diperoleh dari bahan dasar tanaman. Kali ini, pembuatan bioplastik tersebut menggunakan bahan dasar singkong.

    “Saat ini penggunaan plastik semakin marak digunakan baik di kota maupun di desa-desa. Hal tersebut tentu akan berdampak pada kebersihan lingkungan dan akan mencemari sungai serta perairan,” ujar Elan Jaelani Fasilitator RZ setempat.

    Eman menambahkan, pelatihan tersebut juga bertujuan untuk memberdayakan masyarakat agar memiliki keterampilan melalui pembuatan bioplastik. Nantinya, hasil dari bioplastik akan digunakan untuk kemasan makanan seperti risoles, lemper, dadar gulung, dan makanan lainnya.

    Selain itu, makanan yang dikonsumsi pun akan tetap aman karena berbahan dasar organik dan bebas dari bahan kimia. Sehingga, selain menjaga kebersihan lingkungan, adanya pelatihan pembuatan bioplastik pun dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

    “Semoga dengan adanya inovasi ini masyarakat bisa menduplikasi penggunaan bioplastik agar dapat mengurangi penggunaan sampah plastik, terutama untuk makanan. Apalagi jika kita selaku produsen yang harus turut serta dalam penanggulangan sampah produknya,” kata Elan. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus