Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Peneliti Unpad Luncurkan Buku tentang Ciletuh

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_22890.jpg

    BANDUNG-Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unpad Prof. Erri Noviar Megantara menulis sebuah buku terkait potensi Ciletuh, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

    Buku itu berjudul “Biodiversity Ciletuh: Sekilas Diversitas Hayati & Sebaran REEPS (Rare Endangered Endemic & Protected Species)”

    Prof. Erri mengatakan, buku ini dilatarbelakangi oleh penelitiannya terkait biodiversitas di wilayah Ciletuh. Riset itu merupakan riset unggulan Academic Leadership Grant (ALG) yang digulirkan Unpad.

    Secara singkat, buku ini mencakup identifikasi berbagai keragaman hayati di wilayah Ciletuh, diantaranya 19 vegetasi dan identifikasi 43 satwa dilindungi di Ciletuh.

    “Ini adalah paparan sebagian kecil dari keanekaragaman hayati di pusat geo area Ciletuh,” kata Prof. Erri.

    Pemprov Jabar sendiri sangat serius dalam pengembangan Geopark Ciletuh.  Saat ini, pihak Pemprov telah menggelontorkan dana hingga Rp211 milyar guna memperbaiki infrastruktur di Geopark Ciletuh-Palabuhanratu. Kawasan seluas 126.100 hektar ini mencakup 8 kecamatan dan 74 desa, dan telah mempersiapkan 14 kawasan situs geologi unggulan dari 50 situs geologi yang ada di Ciletuh.

    Orientasi pengusulan kawasan Ciletuh-Palabuhanratu sebagai Global Geopark adalah untuk pengembangan kawasan berkelanjutan. Kawasan ini nantinya mencakup tiga aktivitas inti, yaitu kawasan konservasi, edukasi, dan pengembangan kawasan berkelanjutan. Jo

     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus