Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Dinas LH, Lakukan Diseminasi Eco Village

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23075.jpg

    BANDUNGBARAT-Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat untuk kesekian kalinya mengadakan Diseminasi Pengembangan Desa Berbudaya Lingkungan atau Ecovillage. kali ini salah satu tempatnya adalah di Kabupaten Bandung Barat yang digelar di Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Kamis (18/5). 

    Kegiatan diseminasi ini bertujuan sebagai penyebarluasan rencana aksi Desa/Kelurahan terhadap pengembangan ecovillage di DAS Citarum pada 7 Kab/kota di Jawa Barat. 

    Kepala Bidang KLPPI Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat, Dewi Nurhayati menjelaskan, untuk mencapai Jawa Barat Bestari ada beberapa strategi diantaranya ; 1.Integrasi dan sinergi penataan ruang dan pengelolaan DAS citarum terpadu ; 2.Pembangunan ekonomi pedesaan dan pemberdayaan ekonomi rakyat;3. Penguatan kelembagaan dan percepatan perubahan perilaku stakeholder – ecovillage ;dan 4.    Pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan. Strategi ini tentunya harus dijalankan secara bersama agar pncapaiannya efektif, tambah Dewi.

    Dalam hal lain, Dewi mengemukakan, kita ada data, “peringkat resiko kerusakan lingkungan terhadap angka kematian balita sebanyak 45%, ini mengkhawatirkan dan karena itu  melalui kegiatan ini hendaknya dapat membangun kesadaran dan kemandirian masyarakat untuk mengelola lingkungan hidup,” ujar Dewi.

    Soal pengembangan desa berbudaya lingkungan atau ecovillage, itu diartikan sebagai suatu desa yang masyarakatnya memiliki kesadaran dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan, seperti : pengelolaan sampah, sanitasi, pengelolaan limbah, konservasi, rehabilitasi hutan, tanah dan air.  untuk menunjang keberlanjutan kehidupan, jelasnya.

    Menurut Dewi, pengembangan Ecovillage tahun 2017 telah dilaksanakan di DAS Citarum pada 7 kabupaten/kota, 12 kecamatan, 45 desa, meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Subang yang menghasilkan Dokumen Rencana Aksi Desa/Kelurahan.

    Acara diseminasi eco village ini dihadiri selain para kader ecovillage dari Desa/Kelurahan dan perwakilan masing-masing OPD di Jawa Barat, juga turut menghadirkan Para pimpinan perusahaan dengan harapan berdampak pada perbaikan kesejahteraan masyarakat dan kualitas DAS. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus