Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Unpad Kembangkan Sistem Arsip Digital, SIKENDI

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita

    BANDUNG–Unpad melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis  mengembangkan sistem informasi kearsipan berbasis teknologi informasi yang dinamakan  SIKENDI.

    SIKENDI  merupakan aplikasi berbasis yang dikembangkan tidak hanya untuk aspek digitalisasi arsip, tetapi untuk memenuhi kaidah ilmu kearsipan lainnya, seperti klasifikasi arsip, retensi arsip, serta sistem klasifikasi akses dan keamanan arsip.

    Pengembangan unit arsip ini juga didasari pada implementasi Permenpan RB No. 14 Th. 2014, yang salah satu indikatornya tertib pengelolaan arsip dan kearsipan berbasis TIK. Pengelolaan ini menjadi satu indikator evaluasi penilaian reformasi birokrasi di seluruh Kementerian/Lembaga

    Wakil Dekan II FEB Unpad Yudi Aziz, PhD., mengatakan, beberapa latar belakang pengembangan Unit Arsip FEB Unpad, yaitu selain sebagai bagian dari 60 tahun kiprah FEB Unpad serta momentum hari arsip nasional yang jatuh pada 18 Mei, Unit Arsip ini dibentuk sebagai upaya perlindungan dokumen-dokumen penting fakultas.

    “Ini didasarkan pada pengalaman  visitasi BAN PT, terkadang tidak mudah mencari dokumen penting, misalnya SK pendirian, peraturan, renstra, foto, dokumen kepegawaian, dan dokumen lainnya,” ujar Yudi dama siaran persnya, Jumat (19/5)

    Adapun tahapan lanjutan pengembangan Unit Arsip ini yaitu penetapan standar operasional prosedur (SOP), entri dan migrasi data arsip fakultas ke dalam SIKENDI, integrasi data arsip prodi ke dalam SIKENDI, perawatan arsip secara periodik, hingga mengejar target sertifikasi ISO 9001. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus