Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Garut Apresiasi BNPB

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23128.jpg

    BANDUNG-Pemerintah Kabupaten Garut memberikan apresiasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah mengadakan sosialisasi tentang kebencanaan kepada masyarakat.

    Bupati Garut, Rudi Gunawan mengatakan, sosialisasi kebencanaan melalui pertunjukan kesenian tradisional Wayang Golek merupakan media yang efektif dalam sosialisasi masyarakat di pedesaan.

    “Masyarakat mudah menerima pesan kebencanaan. Masyarakat memang harus mempunyai semacam saving self atau penyelamatan terhadap dirinya sendiri,” ucapnya.

    Menurut Rudi, kesadaran terhadap kondisi real sebagai negara rawan gempa, setidaknya dapat menanamkan kesiapan mental pada diri masyarakat untuk menghadapinya.

    “Menumbuhkan budaya sadar bencana ini penting karena menjadi bagian dalam mewujudkan masyarakat yang tangguh bencana. Budaya dalam masyarakat merupakan sebuah sistem kultural yang secara otomatis terus-menerus ditanam dan diwariskan,” tuturnya. 

    Rudi juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan bantuan BNPB,  dimana saat banjir bandang Garut pada 30 September 2016 lalu yang menyebabkan 36 orang meninggal, 17 orang hilang dan ribuan rumah rusak telah menyadarkan kita pentingnya mitigasi bencana.

    "Kita harus meningkatkan kesiapsiagaan dan menumbuhkan kesadaran bencana, diharapkan dengan sosialisasi ini budaya sadar bencana meningkat di masyarakat, karena masih sering mengabaikan aspek risiko bencana dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya. (Parno)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus