Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pemkab Sumedang Incar Top 40 Inovasi Pelayanan Publik

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23143.jpg

    SUMEDANG-Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Sukabumi menjadi dua kabupaten di Jawa Barat yang  berhasil meraih penghargaan atas inovasi pelayanan publik pada kompetisi Top 99 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

    Hal tersebut diungkapkan Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan saat menjadi Inspektur pada Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-109 Tahun 2017 di lapangan Upacara Induk Pusat Pemerintahan Setda, Senin (22/5).

    “Dari 3.054 inovasi pelayanan publik milik lebih 500 pemerintah provinsi/kab/kota yang ada di Indonesia, kabupaten sumedang berhasil meraih satu penghargaan berkat inovasi pelayanan publik, dan hal itu menunjukkan bahwa sumedang sebetulnya memiliki banyak potensi,” ujarnya.

    Untuk diketahui, dalam acara pameran dan simposium inovasi pelayanan publik Jawa Timur yang diselenggarakan di Kabupaten Gresik tepatnya pada hari Sabtu tanggal 20 Mei lalu, Menpan RB, Asman Abnur telah menyerahkan penghargaan kepada Pemkab Sumedang yang diterima Bupati Eka sebagai inovator yang juga hadir pada saat itu, atas inovasi pelayanan publik melalui program Pantasi Mart. Adapun Pantasi Mart itu sendiri adalah merupakan pusat informasi dan pusat pengadaan atau penyediaan sarana sanitasi masyarakat, dengan berbagai model dan berbagai cara pembayaran, dimana Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang sebagai pelaksana harian pada program tersebut.

    “Mudah-mudahan, setelah nanti melalui berbagai tahapan lanjutan dan evaluasi pada ajang kompetisi inovasi pelayanan publik ini, kita dapat masuk ke dalam Top 40 yang penghargaannya menurut Pak Menteri (Pan RB) rencananya akan diserahkan secara langsung oleh Pak Presiden Joko Widodo sekitar akhir bulan Juli nanti,” imbuh Eka.

    Selain hal itu, pada kesempatan tersebut Eka juga menyinggung disiplin para aparaturnya, khususnya terkait pelaksanaan apel pagi yang hanya dilaksanakan satu kali dalam satu minggu, yaitu dilaksanakan pada setiap hari Senin saja.

    “Saya melihat apel satu mingguan ini kurang greget, untuk itu perlu segera dilakukan evaluasi dan harus segera diputuskan, sehingga pada Bulan Juni mendatang, apel pagi kembali dilakukan setiap hari, dan pada pelaksanaannya saya himbau kepada seluruh pejabat di masing-masing SKPD untuk turut mengontrol kehadiran apel pegawainya, karena masyarakat menginginkan pelayanan terbaik dari kita,” tukasnya. 

    Masih pada kesempatan yang sama, terkait adanya alih jabatan Kapolres Sumedang, secara khusus Ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada AKBP Agus Iman Rifa’i yang selama menjabat Kapolres di Sumedang telah mampu bersinergi dengan baik bersama Pemkab Sumedang.

    ”Pada hari Rabu besok (24 Mei 2017) juga akan dilaksanakan lepas sambut Kapolres Sumedang, untuk itu pada kesempatan ini atas nama pribadi dan Pemkab Sumedang saya ucapkan terima kasih kepada Pak Kapolres, AKBP Iman Rifa’i, karena setelah kurang lebih satu tahun bertugas di Sumedang, telah  mampu bekerja dengan baik,” tutur Eka. 

    Seusai Bupati Eka membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada Hari Kebangkitan Nasional ke-109 tahun 2017 yang mengusung tema ‘Pemerataan pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai wujud kebangkitan nasional’, didampingi jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Sumedang lainnya dihadapan para peserta upacara, Bupati Eka menyerahkan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat periode April 2017 di lingkungan Pemkab Sumedang kepada sebanyak 213 orang PNS, yang terdiri dari golongan II dan III sebanyak 121 orang, serta golongan IV sebanyak 92 orang.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus