Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pengembangan Geopark, FKB TelU Jalin Kerjasama

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23204.jpg

    BANDUNG- Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB) Telkom University (TelU) menjalin perjanjian kerjasama riset dan pengabdian masyarakat dengan Pemkab Sukabumi terkait pemberdayaan masyarakat, terutama di kawasan geopark Palabuhanratu dan Ciletuh. 

    Penandatanganan dilakukan Dekan FKB TelU Jafar Sembiring dengan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman di Cikakak, Palabuhanratu, Rabu (24/5/2017). 

    Menurut Dana Budiman, pihaknya menyampaikan apresiasi karena kerjasama tersebut yang pertama selama dirinya menjabat kepala dinas.

    "Apalagi ternyata sifat kerjasama menyeluruh ke seluruh fakultas, jadi tidak hanya dengan FKB saja. Kami sangat memerlukan dukungan seluruh elemen, karena kebutuhan kami luas," katanya. 

    Menurut Budiman, pihaknya merespon baik kerjasama dengan FKB yang menekankan pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan kewirausahaan, komunikasi pariwisata, media sosial, dan banyak lagi.

    "Kami ingin juga ada kerjasama pemberdayaan dari sisi desain tematik infrastruktur, misalnya landmark ke Ciletuh. Semoga kerjasama pelatihan dan penelitian ini bisa dilaksanakan sebaik-baiknya dan memberi manfaat ke masyarakat," sambungnya.

    Sementara menurut Jafar Sembiring mengatakan, kerjasama ini menegaskan bakti TelU kepada tempatnya berpijak yakni Jawa Barat. Sebelum ini, kata dia, kerjasama serupa sudah dilakukan dalam bentuk pemetaan potensi Jabar Selatan dari Pangandaran hingga Palabuhanratu pada 2015 lalu.

    "Kemudian ada kerjasama Dinas Pendidikan Jabar terkait tenaga pendidik kebutuhan khusus dan sekarang dengan Pemkab Sukabumi terkait pengembangan geopark Palabuhanratu dan Ciletuh," katanya. 

    Menurut dia, kebijakan yayasan yang menaungi TelU (YPT) telah membuat seluruh dana pembangunan dikembalikan ke kampus agar kewajiban tri dharma perguruan tinggi lebih optimal dilakukan. 

    Jafar menekankan, pengabdian masyarakat adalah bagian integral perguruan tinggi yang harus terus dilakukan. Karena itu, perjanjian kerjasama tersebut tak sebatas FKB, namun juga menyeluruh ke enam fakultas lainnya diluar FKB di TelU.

    Adapun, Dewi K. Soedarsono, Ketua Kelompok Keahlian FKB TelU, yang menjadi pimpinan penelitian-abdimas tersebut mengatakan, kegiatan terdekat rencananya dilakukan pada 5-10 Juni mendatang. 

    Pertama, training of trainer kepada sejumlah guru sekolah dasar di Ciletuh tentang Bahasa Inggris dasar untuk pariwisata dengan ketua tim Iis Kurnia. 

    "Kemudian, story telling dilakukan di SMP 1 Cisolok dengan pimpinan Roro Retno Wulan. Terakhir, pelatihan kewirausahaaan yang akan dilakukan tim di bawah ketua Putu Nina Mardianti," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus