Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jokowi : Selamat Hari Lahir Pancasila

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23291.jpg

    SUMEDANG-Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila  tanggal 18 Agustus 1945.  

    Hal tersebut tertuang dalam Sambutan Presiden RI  Joko Widodo Dalam Rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila yang  dibacakan oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan dalam Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertempat di Lapangan upacara IPP Setda Kab. Sumedang, dihadapan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang, unsur POLRI, TNI, ormas serta peserta upacara lainnya, Kamis (1/6).

    Dalam sambutan tersebut dikatakan, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan untuk pertama kalinya dengan tujuan untuk meneguhkan komitmen bangsa Indonesia agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Menurut Jokowi, kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman, dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman, dari Milangas sampai Rote adalah juga keberagaman, berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia yang disebut juga ke-bhinneka tunggal ika-an bangsa Indonesia.

    Dikatakan Jokowi, kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia sedang mengalami tantangan. Hal tersebut dapat terlihat dengan adanya pandangan dan tindakan yang mengancam kebhinekaan dan keikaan bangsa.”Saat ini ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila. Masalah ini semakin mencemaskan tatkala diperparah oleh penyelahgunaan media sosial yang banyak menggaungkan hoax alias kabar bohong,’’katanya.

    Sementara itu, Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan yang bertindak selaku inspektur Upacara menyampaikan apresiasinya atas animo yang tinggi dari peserta upacara untuk menghadiri Upacara Hari Lahir Pancasila tersebut. Menurut Eka, Bangsa Indonesia harus waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila, seperti gerakan anti Pancasila, anti UUD , anti NKRI, anti Bhinneka tunggal ika. “Pemerintah pasti bertindak tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah di larang di sini,’ujarnya.

    Kemudian pada kesempatan tersebut, Bupati Eka menyampaikan selamat bertugas sekaligus memperkenalkan AKBP Hari Brata, S. IK sebagai KaPOLRES Sumedang yang baru.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus