Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Jatigede Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23372.jpg

    SUMEDANG-Sejumlah jajaran pada Pemerintah Kabupaten Sumedang yang dipimpin Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan dengan didampingi beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kab. Sumedang diantaranya Kepala Bapppplitbang, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum & Penataan Ruang, dan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan & Olahraga, berkunjung ke Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk bertemu dengan Menteri PU PR, Basuki Hadimuljono, Jum’at, (2/6/2017). 

    Bupati Eka beserta rombongan yang diterima di Ruang Kerja Menteri PU PR menyampaikan, maksud kedatangan tersebut saat itu adalah dalam rangka pembangunan Infrastruktur serta pemanfaatannya, khususnya dalam hal pengembangan kawasan wisata Waduk Jatigede.

    “Sebagaimana Pak Menteri (Basuki) ketahui, sejak resmi dilakukan penggenangan yang dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2015 lalu, Kab. Sumedang saat ini memiliki Waduk Jatigede yang merupakan Waduk terbesar ke-2 se-asia tenggara setelah Waduk Jatiluhur dan telah menjadi sebuah destinasi wisata baru,”ungkap Eka dihadapan Menteri Basuki.  

    Untuk itu, Eka menambahkan, maka dipandang perlu didukung oleh infrastruktur berupa jalan nasional yang masih banyak membutuhkan perbaikan, serta ditunjang oleh regulasi berupa pembagian kewenangan antara Pemerintah bersama Pemerintah Kabupaten Sumedang dan peraturan pendukung lainnya.

    “Untuk menjadikan Waduk Jatigede menjadi destinasi wisata kelas dunia, maka perlu adanya regulasi yang mengatur pembagian kewenangan antara pemerintah dengan pemerintah Kabupaten Sumedang, yang ditunjang oleh penyelesaian infrastruktur seperti proyek pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, infrastruktur untuk menuju ke Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati-Majalengka), sarana prasarana di kawasan Waduk Jatigede, serta jalan lingkar Jatigede yang terdiri dari Lingkar Utara, Lingkar Barat dan Lingkar Timur,”imbuh Eka. 

    Menanggapi hal tersebut, Menteri Basuki mengatakan bahwa pihaknya saat ini akan mengakselerasi jalan lingkar di sekitar Jatigede dan seputarnya. “terkait jalan lingkar Jatigede, insya Allah kita targetkan pada tahun 2018 nanti akan selesai, dan sekaligus akan dijadikan kawasan strategis nasional (KSN),”kata Basuki.

    Diungkapkan Basuki, terkait dengan pengerjaan proyek Tol Cisumdawu, diperkirakan seluruh seksinya akan selesai maksimal pada tahun 2019. Begitu pula terkait akses jalan dari Jatigede yang menuju Bandara Kertajati, akan ia perhatikan dan untuk kearah itu, saat ini sedang dalam proses penyusunan perubahan trase pada jalan tol Cisumdawu.

    “Saya ingatkan pula bahwa di Waduk Jatigede itu tidak boleh ada jaring apung ataupun keramba, karena Waduk Jatigede murni akan dipakai untuk wisata air destinasi internasional,”tegasnya.

    Masih pada kesempatan yang sama, Bupati Eka pun memanfaatkan pertemuan dengan Menteri Basuki untuk mengungkapkan persoalan penanganan dampak sosial Jatigede, yang sampai dengan saat ini masih menyisakan berbagai persoalan.

    “Saya juga mohon kepada Pak Menteri (Basuki), agar bisa segera turut menyelesaikan penanganan dampak sosial Jatigede, karena memang sampai dengan saat ini Jatigede masih menyisakan persoalan, khususnya terkait ganti rugi lahan milik orang terkena dampak Jatigede,”harapnya.     

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus