Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Silaturahmi dan buka bersama UPZ Masjid Se- kota Bogor

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23529.jpg

    BOGORKOTA- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Bogor melakukan pembekalan kepada sekitar 140-an Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid binaan BAZNAS kota Bogor yang merupakan perwakilan berbagai masjid se-kota Bogor. Minggu (11/06), di Aula Pusat Pengembangan Islam Bogor (PPIB) Kota Bogor.

    UPZ Masjid binaan BAZNAS ini mulai dibentuk dan di SK kan pada bulan Oktober tahun 2014 yang terdiri dari 183 anggota. 

    Kegiatan ini bertujuan untuk ajang Silaturahmi UPZ Masjid binaan BAZNAS “kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi anggota UPZ Masjid binaan BAZNAS sekaligus memberikan sosialisasi teknis pelaporan ZIS pada bulan januari – mei dan Ramadhan 1438 H “ Ungkap Drh. H. Kundan Duali Sebagai Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan. 

    Pada tahun ini ada  yang berbeda dari tahun sebelumnya yaitu  mereka diberikan sosialisasi peraturan BAZNAS NO. 2 TAHUN 2016  terkait dengan pengelolaan Unit Pengelola Zakat (UPZ) pasal 9. “tahun ini disosialisasikan undang-undang tentang tiap-tiap UPZ bukan hanya menghimpun dan melaporkan saja, akan tetapi juga bisa mendistribusikan ZISnya, asalkan tetap melapor ke kita (BAZNAS)”, lanjutnya. 

    Kedepannya BAZNAS kota Bogor juga akan mensosialisasikan terkait format Pernyataan Standar Akuntasi Keuanagn (PSAK) 109 Akuntansi Zakat & Infak/shodaqoh. 

    Potensi zakat dari tiap-tiap UPZ binaan BAZNAS bisa mencapai  38 M  “Potensi Pengumpulan dari 182 UPZ Masjid binaan BAZNAS bisa mencapai 38 M” terangnya. Target penghimpunan zakat dari UPZ Masjid Binaan BAZNAS tahun 2017 Yaitu 13 M yang sebelumnya pada tahun 2016 BAZNAS kota Bogor mendapatkan 11,6 M dari UPZ Masjid binaan BAZNAS. 

    Sistem pelaporannya “UPZ Melaporkan dua pelaporan yang pertama pelaporan ZIS bulan januari sampai dengan mei dan pelaporan ZIS selama ramadhan. Untuk teknisnya sementara memberikan pelaporan dengan formas SMS yang sudah ditentukan dan format Print Out dikumpulkan saat halal bihalal”. 

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus