Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Gubernur dan Wagub Bayar Zakat di Gedung Sate

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_23532.jpg

    BANDUNG-Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar secara bersamaan mendaftarkan diri dan keluarganya membayar zakat di Gedung Sate melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar. Hal itu dilakukan dalam acara Gerakan Sadar Zakat, menuju Kebangkitan Zakat di Jawa Barat, di Aula Gedung Sate Bandung, Selasa (13/6).

    "Saya mendaftarkan 13 orang anggota keluarga saya, yang terdiri dari saya dan istri, anak-anak dan pembantu," ujar Aher.

    Menurut Aher, zakat adalah salah satu program Allah untuk pemerataan harta. Konsepnya sangat jelas asal dan peruntukannya.

    "Berbeda dengan pajak. Kalau pajak uangnya dikumpulkan lalu peruntukan uangnya bisa untuk apa saja. Tetapi kalau zakat peruntukannya jelas hanya untuk 8 penerima yang berhak," jelasnya.

    Adapun 8 golongan orang yang berhak menerima zakat atau Mustahik yaitu Fakir adalah orang yang tidak mempunyai harta dan usaha, Miskin adalah orang yang mempunyai harta seperdua kebutuhannya atau lebih tetapi tidak mencukupi, Amil zakat adalah orang yang diangkat penguasa atau wakilnya untuk mengurus zakat, Muallaf adalah orang yang baru masuk Islam, Riqab adalah hamba yang telah dijanjikan oleh tuannya bahwa dia boleh menebus dirinya, Gharim adalah orang yang berhutang, Fi Sabilillah adalah orang berjuang di jalan Allah, dan Ibnu sabil adalah orang dalam perjalanan yang halal, dan sangat membutuhkan bantuan ongkos sekadar sampai pada tujuannya.

    Menurut Aher, zakat juga memiliki konsep peningkatan kesejahteraan yang jelas. Yang saat ini penerima zakat, diharapkan tahun berikutnya menjadi pemberi zakat.

    "Itu konsep peningkatan kesejahteraan umat. Diharapkan yang tahun ini menjadi penerima zakat, lalu karena ekonominya meningkat maka tahun-tahun berikutnya menjadi wajib zakat atau pemberi zakat," ungkap Aher.
     
    Aher berharap dengan Gerakan Sadar Zakat itu, semua wajib zakat atau Muzakki, bisa terus bertambah dari tahun ke tahun. (Pun)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus