Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Pengamat Politik Sebut 3 Faktor Munculnya Aksi Terorisme

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24032.jpg

    BANDUNG-Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran, Muradi menjelaskan ada 3 faktor pemicu munculnya aksi terorisme di wilayah Jawa Barat.

    Menurutnya, karateristik masyarakat Jawa Barat yang terbuka menjadi salah satu penyebab adanya pelaku aksi teror bersembunyi di tanah Pasundan. Selain itu, Pemerintah begitu mudah melegalkan organisasi yang tumbuh di masyarakat.

    "Karakteristik masyarakat Jawa Barat yang permisif juga berpengaruh pada sistem politik kekuasaan di Pemerintahan yang memudahkan organisasi-organisasi bergerak di ruang masyarakat," katanya kepada wartawan di Bandung, Jumat (14/7/2017).

    Muradi menambahkan faktor kedua, secara politik juga Jawa barat dinilai permisif dan terakhir masyarakatnya punya kecenderungan menerima apapun yang dianggap punya kesamaan. 

    "Bisa jadi teroris hidup dimasyarakat karena dinilai memiliki kepercayaan yang sama. Misalnya katakanlah lantaran merasa seiman," ujarnya.

    Berdasarkan dari insiden ledakan di Kubang Bereum nomor 35 RT 07/11 Kelurahan Sekejati Kecamatan Buah Batu Kota Bandung pada pekan lalu oleh terduga Agus Wiguna, menjadi bukti masyarakat sekitar permisif.

    Menurutnya, ledakan yang umumnya terjadi di kontrakan rumah, menjadi bukti pengawasan terhadap masyarakat pendatang kurang intensif.

    Misalnya saja, si terduga teroris sudah 6 kali bayar kontrakan dimuka, maka pemilik rumah tidak mengawasi lagi dan tidak memperhatikan yang mengontrak rumah.

    "Situasi permisif ini menjadi kemudahan bagi pelaku aksi teror menetap untuk memuluskan rencananya," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus