Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Desa Margamukti Wakili Jabar ke Tingkat Nasional

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24050.jpg

    BANDUNGKAB-Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan meraih Juara I Lomba Perpustakaan Umum, Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi. Untuk itu  berhak mewakili Jawa Barat di tingkat nasional.

    Penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipanan Daerah Provinsi Jawa Barat, Hj. Tati Iriani, S.H., MM. kepada Kepala Desa Margamukti, Agus Suherman, di Graha Pustaloka Dispusipda Jawa Barat, Kamis (13/7).

    Tati Iriani menjelaskan, kriteria penilaian untuk lomba Perpustakaan desa dan keluarahan yakni penilaian data berdasarkan instrumen, penilaian khusus dari Perpustakaan Nasional dan adanya recheking ke lapangan.

    "Sedangkan unsur penilaian diantaranya bagaimana perpusdes/Kelurahan bisa berperan sebagai pusat kegiatan masyarakat", ucap Tati.

    Dalam lomba tersebut, Dia berharap bisa membangun masyarakat literasi melalui gerakan yang menyeluruh, dengan harapan untuk pengentasan kemiskinan dengan melibatkan masyarakat, " para relawan, adanya Taman Bacaan Masyarakat,  dan PKK," tandas Dia.

    Senada dengan Tati, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Bandung Tri Heru Setiati menguraikan, membangun budaya literasi kata Dia harus dimulai dari akar nya dulu yakni keluarga (kebiasaan), masyarakat ( ekonomi) serta sekolah ( baca buku), dan menurutnya keberhasilan Desa Margamukti harus menjadi motivasi tersendiri bagi geliati literasi di Kabupaten Bandung.

    Lebih lanjut Tri mengungkapkan, saat ini Perpustakaan Kabupaten Bandung sudah memiliki sedikitnya 25 ribu judul buku dari seluruh latar belakang keilmuan yang ada. Dengan koleksi buku tersebut lanjutnya, 3 unit mobil perpustakaan keliling disediakan untuk memenuhi kebutuhan literasi masyarakat akan pengetahuan, khususnya untuk wilayah pedesaan yang kurang terakses informasi. 

    “Dispusip memiliki sekitar 25 ribu koleksi buku dan terdistribusikan sebagian kecil melalui mobil perpustakaan keliling, setidaknya kami melakukan pelayanan ke tiap desa. Selain itu kita juga menyediakan 45 TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang tersebar di 31 Kecamatan,” imbuhnya.

    Dengan tersedianya perpustakaan desa, Dia berharap informasi dan pengetahuan yang diperoleh dari membaca, bisa diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam melakukan pekerjaan, buku dijadikan dasar dengan langkah yang benar.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus