Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    20 Ribu Akuntan Jabar Tersertifikasi AFA

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24160.jpg

    BANDUNG-Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), sekitar 20 ribu akuntan di Jawa Barat sudah mendapatkan sertifikasi dari Assosiation Federations of Acountan (AFA).

    "Artinya, sertifikasi yang dikeluarkan di Indonesia harus diakui AFA. Akuntan yang bisa melakukan lintas negara sesama ASEAN adalah mereka yang sudah tersertifikasi," kata ketua Ikatan Akuntan Indonesia Jabar, Edi Jaenudin, kepada wartawan di Bandung, Sabtu (22/7/2017)

    Pada saat pertama kali bergabung dengan AFA, akuntan yang sudah tersertifikasi di Jabar hanya 10 ribu akuntan. Kini, mengalami peningkatan mencapai 20 ribu akuntan yang bersertifikat.

    Edi mengaku, jumlah tersebut masih dibawah negara lain di ASEAN. Indonesia menduduki posisi ke-4 di Bawah Thailand, Singapura dan Malaysia.

    "Indonesia menduduki peringkat ke-4 di tingkat ASEAN di Bawah Thailand, Singapura, dan Malaysia," ungkapnya. 

    "Untuk saat ini, sekitar 20 ribu akuntan yang bersertifikat sudah diakui oleh AFA. Artinya, sudah dekat ke Malaysia dan Singapura. Sedangkan, Thailand sudah mencapai 60 ribu akuntan tersertifikasi," tambahnya.

    Menurut Edi, tenaga profesi akuntan yang sudah bersertifikat di Indonesia masih minim, meskipun jumlah akuntan yang belum tersertifikasi sudah banyak. Sebagai gambaran, lulusan akuntansi dari perguruan tinggi baik Diploma maupun Sarjana mencapai 3 ribu lulusan.

    "Memang tenaga akuntan profesional, artinya akuntan yang sudah memiliki sertifikat saat ini masih minim. Kalau tenaga akuntansinya sudah banyak," pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus