Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Korban Bencana Alam Harus Diminimalisir

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24176.jpg

    BANDUNG–Indonesia masuk dalam ring of fire, sehingga merupakan kawasan yang rentan bencana alam. Sehingga mitigasi bencana merupakan hal penting yang harus dilakukan.

    Rektor ITB, Kadarsyah mengatakan dalam satu dekade ini terjadi banyak bencana yang menimbulkan banyak korban, harta dan merusak tatanan sosial masyarakat, sehingga diperlukan pemikiran holistik untuk mengurangi dampak bencana.

    “Saat Tsunami Aceh 2014, 200 ribu lebih jiwa meninggal dunia, dampaknya juga ke negara sekitar. Saat ini sudah ada kesepakatan global penanggulangan bencana sejak 2015 hingga 2030 di Sendai Jepang, yang semuanya fokus untuk kurangi dampak bencana alam, khususnya korban jiwa,” ujarnya di Aula Barat ITB, Senin (24/7), dalam acara seminar yang diselenggarakan Badan Geologi.

    Sebagai institusi pendidikan, ITB menurutnya akan terus melakukan penelitian yang dapat menjembatani masyarakat sebagai end user dalam menangani bencana alam. Menurutnya diperlukan infrastruktur yang tangguh dalam menghadapi bencana, teknologi untuk mengurangi dampak bencana dan lain-lain.

    “Kami sudah kerja sama dengan Jepang untuk melakukan identifikasi bencana. Masih tahap penelitian mudah-mudahan segera dapat diaplikasikan,” tegasnya. jo

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus