Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Sumedang Akan Miliki Kantor Imigrasi

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24243.jpg

    SUMEDANG-Kabar gembira bagi warga di Kabupaten Sumedang. Dalam waktu dekat di Sumedang bakal berdiri Unit Kerja Kantor Imigrasi yang dibentuk dengan unit pelaksana teknis (UPT) Induk pada Kantor Imigrasi Kelas I Bandung, Jawa Barat, sehingga masyarakat Sumedang jika hendak ke Luar Negeri (LN) tak harus mengurus paspor ke Bandung, tapi cukup di Sumedang saja.

    Hal tersebut diungkapkan Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan setelah sebelumnya beraudiensi dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung, Maulia Purnamawati yang menemui Bupati Eka terkait akan disediakannya Unit Pelayanan Paspor Mandiri di Sumedang berupa Anjungan Paspor Mandiri.

    Tidak hanya itu, Bupati Eka juga berharap adanya UKK Imigrasi agar pelayanan keimigrasian bisa lebih luas cakupannya dan bisa melayani beberapa daerah yang dekat dengan Sumedang. Untuk mewujudkanya, Pemkab akan segera mengajukan permohonan ke Kemenkumham untuk selanjutnya menunggu persetujuan sampai diterbitkannya Surat Keputusan dari Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia terkait pembentukan UKK Imigrasi di Sumedang.

    “Setelah kita tempuh semua mekanisme dalam hal pembentukan Unit Kerja Kantor Imigrasi, diharapkan kita segera mempunyai UKK Imigrasi sehingga ini tentu akan memudahkan masyarakat Sumedang khususnya dalam hal pengurusan paspor,” ujar Eka.

    Saat ditanya mengenai anggaran perihal pembentukan UKK Imigrasi di Sumedang, dirinya pun mengungkapkan bahwa Sumedang hanya sebatas memfasilitasi lahan, sedangkan terkait pembangunan beserta sumberdaya manusianya menjadi wewenang dan kewajiban dari Kemenkumham itu sendiri.

    “Insha Allah kita akan fasilitasi demi terbentuknya UKK Imigrasi di kita (Sumedang), dan terkait ketersediaan Anjungan Paspor Mandiri (APM) Sumedang, maksimal akhir tahun ini (2017) sudah bisa berjalan,” ucapnya.

    Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung, Maulia Purnamawati menuturkan, bahwa kedatangan dirinya di Sumedang saat itu adalah terkait penyediaan Unit Pelayanan Paspor Mandiri di Sumedang. “Alhamdulillah Pak Bupati (Eka) responnya positif dan malah beliau juga lantas mengajukan agar di Sumedang ini dibentuk pula UKK Imigrasi,” tuturnya.

    “Dengan dibentuknya Unit Kerja Kantor Imigrasi di Sumedang, maka akan memberikan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan fungsi keimigrasian serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, terutama bagi warga di Kabupaten Sumedang ini,” imbuhnya.

    Masih pada kesempatan sama, Asisten Administrasi, H. Dicky Rubiana yang mendampingi Bupati saat itu mengatakan, dengan terbentuknya UKK di Kab. Sumedang bukan sekedar memudahkan masyarakat Sumedang dalam membuat paspor, namun juga bagi masyarakat lainnya yang berasal dari Kabupaten/Kota yang berdekatan dengan Sumedang Seperti Kabupaten Subang, Majalengka, Cirebon dan Kuningan. 

    “Dengan demikian, kita pun berharap akan turut menghidupkan roda perekonomian masyarakat di kita (Sumedang), karena masyarakat dari kabupaten/kota tetangga pun bisa mengurus keimigrasian di sini,” tukasnya.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus