Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    FASI 2017, Jaring Kafilah Terbaik Jabar ke Pentas Nasional

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24252.jpg

    SUMEDANG-Sebanyak 844 kafilah dari 23 Kota dan Kabupaten se-Jawa Barat mengikuti Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) tahun 2017 tingkat Provinsi Jawa Barat yang kali ini diselenggarakan di Kabupaten Sumedang 28 Juli sampai 6 Agustus 2017.

    Pembukaan FASI 2017, diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar didampingi Bupati Sumedang Eka Setiawan di Alun-alun Kabupaten Sumedang, Jumat (28/07/2017).

    Wagub Demiz mengatakan, selain untuk mencetak generasi qurani, FASI 2017 Jabar yang pesertanya berasal dari perwakilan santriawan/ti Taman Pendidikan Alquran (TPA) ini, juga dijadikan ajang untuk menjaring kafilah terbaik Jabar untuk mengikuti FASI 2017 tingkat nasional yang akan diselenggaran di Banjarmasin pada 13 - 16 September mendatang.

    "Harapan saya Jabar jadi juara umum di tingkat nasional nanti, karena itu tampilkan yang terbaik agar bisa jadi duta Jabar," katanya. Jabar terakhir kali menjuarai FASI tingkat nasional yaitu tahun 2002 lalu.

    Demiz mengungkapkan, agenda tiga tahunan ini, merupakan wahana pengembangan minat, bakat dan kreatifitas para santri di bidang alquran dan syiar islam. "Ini juga sekaligus wadah silaturahim untuk mempererat ukhuwah Islamiah antar santri se-Jabar," ungkapnya.

    Betapa penting dan strategisnya pembelajaran agama khususnya melalui berbagai festival di kalangan anak-anak dan remaja saat ini, keberadaan Taman Kanak-kanak Alquran (TKA) dan Taman Pendidikan Alquran (TPA) harus terus diperkuat terutama yang menyangkut sarana dan prasarana kurikulum serta kualifikasi dan kesejahteraan tenaga pengajarnya.

    "Hal ini penting karena TKA/ TPA sejatinya merupakan gerbang pendidikan bagi usia dini dimana anak-anak mulai diperkenalkan dengan dasar-dasar keimanan, keilmuan dan ahlak yang qurani," tutur Demiz.

    Ia berharap melalui pendidikan agama di usia dini diharapkan terbentuk peserta didik atau santri yang memiliki pondasi iman dan takwa, karakter yang berakhlakul karimah sehingga kelak menjadi generasi yang mampu membawa manfaat seluas-luasnya bagi umat, agama, masyarakat, bangsa dan negara.

    Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Jabar selaku penyelenggara, Yeyen Munawar menuturkan, FASI 2017 Jabar adalah rangkaian kegiatan rutin di BKPRMI mulai tingkat ranting, desa, kelurahan, kecamatan kabupaten, kota dan provinsi. Keseluruhan peserta berjumlah 844 orang, ofisial 209 orang, pendamping pembina 800 orang, dan penggembira 8000 orang, yang terkonsentrasi di komplek islamic center Sumedang.

    "Mereka akan mengikuti 42 cabang lomba untuk tingkat TKA, TPA dan TQA," tutur Munawar. Dalam festival tersebut akan dilombakan 5 kategori materi lomba. Yaitu lomba murattal, tilawah, cerdas cermat, pidato, nasyid, mewarnai, menggambar dan kaligrafi serta lomba tarzimlakbiyah. "Kita harapkan anak-anak bisa menguasai pemahaman tentang alquran tidak hanya membaca dengan baik dan benar mengerti isi terkandung dalam alquran," pungkasnya

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus