Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    Persamakan Persepsi Pembangunan Melalui Kuningan Summit 2011

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/DSC_0239web4.jpg

    Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyambut baik acara Kuningan Summit 2011, yang disebutnya sebagai pertemuan yang efektif dalam kerangka pembangunan Jawa Barat khususnya dan wilayah lainnya yang berbatasan dengan Jawa Barat serta Jawa Tengah. Pada kesempatan itu Gubernur memberikan apresiasi atas prakarsa dan inisiasi jajaran Pemerintah Kabupaten Kuningan yang telah menghadirkan acara tersebut. Diharapkan acara tersebut dapat mengakselerasi pelaksanaan pembangunan dan menuntaskan beberapa permasalahan yang muncul. Dan yang terpenting adalah menyamakan persepsi para kepala daerah yang bersangkutan terkait kebijakan pembangunan.

    “Terlebih dahulu, Saya atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucapkan “selamat datang” kepada Bapak Menteri Dalam Negeri, Menteri Pekerjaan Umum, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Ibu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI, dan Saudara Gubernur Jawa Tengah,  di Kabupaten Kuningan - Provinsi  Jawa Barat. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi juga saya sampaikan kepada Sdr. Bupati dan segenap jajaran Pemerintah Kabupaten Kuningan beserta stakeholders pembangunan terkait lainnya, atas inisiasi dan prakarsanya menyelenggarakan Kuningan Summit 2011,” ujar Heryawan di hadapan para hadirin Kuningan Summit 2011.

    Lebih lanjut Heryawan menyampaikan harapannya agar tersebut kegiatan dapat menjadi wahana efektif dan strategis untuk menyamakan persepsi dan komitmen para Kepala Daerah di masing-masing Provinsi dan Kabupaten/kota di wilayah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Khususnya guna mensinergikan pembangunan dan pengembangan potensi daerah yang dimilikinya dalam rangka membangun perekonomian wilayah secara lebih optimal dan berkesinambungan, menuju tercapainya masyarakat yang tangguh, mandiri, dinamis dan sejahtera.

    Menurut Heryawan kinerja makro ekonomi dapat menjadi barometer seberapa besar pencapaian stabilitas ekonomi yang ditunjukkan pertumbuhan ekonomi yang mantap, investasi tinggi, inflasi rendah, pengangguran dan kemiskinan semakin menurun. Kinerja makro ekonomi daerah pada tahun tertentu tidak lepas dari kondisi faktor internal dan eksternal, baik di tingkat nasional maupun internasional. Dalam sistem perekonomian terbuka dimana Indonesia termasuk negara yang aktif dalam globalisasi, maka kinerja makro ekonomi nasional  dan daerah cukup rentan terhadap gejolak eksternal. Namun demikian, besarnya efek dari gejolak eksternal tersebut tergantung pada karakteristik ekonomi setiap daerah.

    Oleh karenanya kegiatan Kuningan Summit 2011 sangat penting dan strategis sebagai bagian upaya bersama, khususnya untuk menggairahkan potensi Jawa Barat, sekaligus mampu menghadirkan sebuah solusi percepatan pembangunan kawasan dengan membentuk aliansi dalam kerangka kerjasama antar daerah, khususnya di wilayah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah secara  lebih optimal. Sehingga diharapkan mampu mengatasi berbagai permasalahan, terutama dalam kerangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan indikator kuantitatif meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM).

    Selain itu, kerjasama melalui Kuningan Summit 2011 diharapkan mampu menjadi bagian integral dari penyelenggaraan program pembangunan nasional dan daerah yang lebih berorientasi pada kepentingan masyarakat serta mampu menghadirkan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung, yang tentunya  tetap memperhatikan prosedur dan mekanisme sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu, pada kesempatan itu Heryawan  mengharapkan agar Pemerintah Pusat memberikan dukungan penuh dan nyata terhadap implementasi pelaksanaan program pembangunan dalam kerangka kerjasama antar daerah ini.

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus