Home - Pemerintah Provinsi Jawa Barat

berita

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  • Main Menu
  • Tidak ada polling untuk saat ini.

    RCBU Dukung Program #Anak Aman

    http://jabarprov.go.id/assets/images/berita/gambar_24339.jpg

    BANDUNG-Rotary Club Bandung Utara (RCBU) sebagai sebuah organisasi kemanusiaan, turut berpartisipasi dalam mendukung Program #AnakAman. 

    Presiden RCBU Hanna menjelaskan, Ritary Internasional di tahun kepengurusan 2017-2018 mengusung tema “Making a difference”. Artinya anggota Rotary, atau disebut sebagai Rotarian, memilih untuk mengabdi pada kemanusiaan karena yakin bahwa pengabdian akan membuat perbedaan dalam hidup berdampingan antar manusia dan lingkungan di dunia.

    “Salah satu fokus area Rotary International itu ialah kesehatan ibu dan anak,"katanya kepada wartawan di Bandung, Jumat (4/8/2017)

    Menurutnya, program #Anak Aman ini menjadi sebuah gebrakan penting, khususnya di Bandung. Pasalnya, seperti yang diketahui, bahwa kasus kekerasan dan pelecehan pada anak semakin bertambah setiap tahunnya. 

    Untuk itu, Rotary International, melalui Rotary Club Bandung Utara mendukung sepenuhnya dalam mewujudkan Program Anak Aman. 

    "Program #AnakAman bertujuan untuk mengamankan anak dari kekerasan dan pelecehan seksual dengan cara memberdayakan anak,"ujarnya.

    Dalam workshop yang akan diselenggarakan di tiga sekolah dasar, yaitu SDN Cisitu, SDN Coblong dan SD Darul Hikam, JaRI akan memberikan penyuluhan pada siswa, guru dan orang tua siswa. 

    Masing-masing kelompok diberi penyuluhan dengan pendekatan yang dirancang khusus sesuai dengan jenis kelompok dan usia. Orang tua akan mendapatkan penyuluhan tentang bagaimana caranya menyampaikan topik seks kepada anak dan memberdayakan anak untuk dapat melindungi dirinya sendiri. 

    Sedangkan kelompok guru, akan diberikan kiat-kiat dalam mendeteksi perubahan perilaku anak di sekolah untuk mencegah terjadinya kekerasan dan pelecehan seksual. 

    Untuk siswa, dilakukan pendekatan spesial dengan metode bertutur dan bermain yang didesain khusus oleh Debby Josephine, seorang pegiat komunitas khusus pengembangan diri anak, dengan JaRI sebagai sebuah bentuk kolaborasi. 

    "Ini dilakukan agar siswa lebih mudah memahami dan mengerti tubuhnya sendiri juga dapat berdaya saat harus melindungi diri sendiri,"pungkasnya. (MAT)

           
           

    Berita Terkait :

    Komentar
    Comments powered by Disqus